Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 06 Mar 2018 19:05 WIB

Alex Noerdin: LRT Palembang Operasi Juni

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Raja Adil Siregar Foto: Raja Adil Siregar
Jakarta - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan Light Rapid Transit (LRT) Palembang sudah bisa beroperasi pada Juni 2018. Sehingga sudah bisa dioperasikan saat pelaksanaan Asian Games.

"LRT selesai bulan ini (pembangunannya), 3 bulan dia comissioning, tes sinyal dan lain-lain, full operasi bulan Juni," kata Alex di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Dia menuturkan LRT Palembang akan mengoperasikan enam train set atau rangkaian. Kereta tersebut datang pada bulan Mei tahun ini.



"Kereta datang pertengahan bulan ini," tutur dia.

Alex menyebutkan satu rangkaian kereta LRT Palembang terdiri dari satu lokomotif dan empat gerbong penumpang.

"Kita dapat kalau enggak salah 6 set, satu set-nya itu terdiri dari 1 lokomotif dan empat gerbong," tutup dia.

Diberitakan sebelumnya, progres pembangunan kereta ringan atau LRT di Kota Palembang telah mencapai 86,7%. LRT rencananya akan mulai dilakukan uji coba pada awal April mendatang.

"Sekarang kalau progres keseluruhan sudah mencapai 86,7%, ini tinggal finishing saja. Kenapa baru April mulai uji coba, karena kereta baru akan sampai di Palembang pada akhir Maret dan itu tentu ada persiapan-persiapan lagi," kata Kepala Proyek LRT Palembang, Masudi Jauhari, Kamis (22/2/2018).


Persiapan yang dimaksud adalah dengan melakukan uji coba kelistrikan dan rel sebagai lintasan gerbong kereta ringan. Sehingga ini akan membutuhkan waktu dalam uji coba, sebelum akhirnya dapat beroperasi penuh pada Juni.

Selain tahapan finishing di sepanjang jalur lintasan 24,3 KM yang terbentang dari bandara SMB II Palembang menjuju stasiun Ogan Permata Indah Mall. PT Waskita Karya saat ini sudah mulai melakukan perbaikan jalan dan taman yang rusak akibat pembangunan LRT.

Masudi memastikan jalan yang rusak sejak 2 tahun terkahir ini akan kembali mulus pada akhir Mei. Bahkan saat Asian Games berlangsung jalanan sudah kembali cantik seperti sebelum adanya pembangunan LRT Palembang. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed