Follow detikFinance
Rabu, 07 Mar 2018 15:44 WIB

Mau Diuji Coba April, Begini Perkembangan Terkini LRT Palembang

Raja Adil Siregar - detikFinance
Foto: Raja Adil Siregar Foto: Raja Adil Siregar
Palembang - Proyek pembangunan LightRail Transit (LRT) di Palembang ditarget selesai dan dapat segera uji coba April mendatang. Saat ini pengerjaan sudah sampai pada tahap uji coba kelistrikan.

"Persiapan semua sudah selesai untuk kedatangan gerbong dan uji coba. Besok kita sudah mulai tes kelistrikan dari stasiun OPI sampai ke stasiun Polresta Palembang," kata Kepala Proyek LRT, Masudi Jauhari ketika ditemui di Jalan Demang Lebar Daun Palembang, Rabu (7/3/2018).

Dikatakan Masudi, uji coba kelistrikan yang dilakukan dari stasiun OPI Mal hingga ke stasiun Polresta bukan tanpa alasan. Mengingat saat gerbong atau train set datang, hanya lokasi di zona 5 inilah yang baru akan bisa di uji coba.
Uji coba sendiri rencananya dilakukan dari awal April hingga Juni mendatang. Sehingga dua bulan sebelum pelaksanaan Asian Games, moda transportasi massal ini sudah dapat beroperasi penuh.

Masudi bilang, untuk progres pengerjaan di 13 stasiun sendiri, saat ini baru mencapai 90%. Namun begitu ada pula yang baru mencapai 80% karena terkendala pembebasan lahan.

"Untuk stasiun sudah hampir 90 persen, tapi ada juga yang baru 80 persen karna terkendala pembebasan lahan. Tapi kami tetap usahakan semua stasiun dapat beroperasi saat Asian Games, walaupun yang menjadi prioritas ada lima stasiun," katanya.

Adapun stasiun yang masih terkendala pembebasan lahan ini, hanya berada di satu sisi stasiun saja. Lokasinya berada di stasiun Asrama Haji, Telkom, Demang Lebar Daun dan Pasar Cinde.

Lahan itu, rencananya akan digunakan sebagai jalur naik dan turun penumpang ke stasiun LRT. Namun jika tidak kunjung dapat diselesaikan sampai stasiun selesai, dipastikan hanya akan dapat digunakan satu sisi di bagian stasiun saja saat beroperasi.

LRT Palembang sendiri memiliki panjang 23,4 km dan terbentang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju stasiun OPI Mall di Jakabaring. Sebagai angkutan massal, LRT akan mengangkut atlet dan official saat pelaksanaan Asian Games Agustus mendatang.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed