Follow detikFinance
Rabu, 07 Mar 2018 17:06 WIB

Mau Dipakai Mudik, Begini Kondisi Terkini Tol Pemalang-Batang

Acmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Hari ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono turun langsung memantau pembangunan Tol Pemalang-Batang. Tol sepanjang 39,2 km tersebut rencananya akan dipakai untuk mudik Lebaran tahun ini.

Basuki mengatakan, konstruksi tol ini sudah mencapai 70%.

"Pemalang-Batang 70%-an," kata dia di lokasi proyek Pemalang, Rabu (7/3/2018).

Kondisi Tol Pemalang-Batang beragam, ada yang sudah berbeton, namun ada pula yang masih berupa tanah. Basuki bilang, kondisi tersebut disebabkan oleh kondisi tanah yang berbeda-beda. Sebab itu, masing-masing tanah berbeda pula perlakuannya.

Tol Pemalang-BatangTol Pemalang-Batang Foto: Achmad Dwi Afriyadi




Bahkan, dia menyebut, ada tanah yang menyerupai rawa karena banyaknya air. Sebab itu, butuh usaha lebih untuk menangani lahan tersebut.

"Kalau ini kondisinya tanahnya beda-beda, kontruksinya beda-beda. Anda lihat di sana geotekstil. Setelah ini justru setelah ini pakai vakum lebih parah lagi kondisi tanahnya seperti yang Indralaya di Palembang. Kaya rawa tapi bukan rawa," jelasnya.

Tol Pemalang-BatangTol Pemalang-Batang Foto: Achmad Dwi Afriyadi


Namun begitu, dia optimistis tol ini bisa dibangun tepat waktu. Rencananya, tol tersebut akan fungsional digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini.



"Dari sini sampai Semarang mungkin fungsional Insya Allah bukan darurat," ungkapnya.

Sebagai informasi, Tol Pemalang-Batang dibangun oleh PT Pemalang Batang Toll Road. Tol ini memiliki panjang 39,20 km yang tediri dari 2 seksi.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed