Follow detikFinance
Jumat, 09 Mar 2018 19:00 WIB

Ke Kawasan Industri Terintegrasi Pelabuhan, Jokowi: Sangat Efisien

Andhika Prasetia - detikFinance
Foto: Andhika Prasetia/detikcom Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Gresik - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kawasan Industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik dan kapal pendukung tol laut. Jokowi mengapresiasi konsep kawasan industri yang terintegrasi.

"Ini sebuah kawasan yang saya kira contoh bagusnya di sini adalah ada power plant-nya pembangkit listriknya, ada pelabuhannya. Sangat efisien. Kalau mau ekspor dari pabrik ke pelabuhannya tidak ada satu kilo, tidak ada cost transporitasinya, ini nggak ada," ujar Jokowi di Pelabuhan Manyar, Gresik, Jatim, Jumat (9/3/2018).

Jokowi berharap kawasan industri JIIPE dapat mendongkrak ekspor dan investasi Indonesia ia tak ingin ekspor Indonesia kalah dengan negara tetangga.


"Ini yang menyebabkan nanti produk-produk di sini bisa bersaing dengan negara lain. Saya memiliki keyakinan kita punya kawasan-kawasan terintegrasi seperti ini kita bisa mengalahkan yang tadi kita khawatir kalah dengan Malaysia, kalah dengan Thailand, kalah dengan Vietnam, terutama untuk ekspor dan investasi," terang Jokowi.

Dalam kunjungannya, Jokowi sempat meninjau Kapal Latih Bung Tomo dengan Menperin Airlangga Hartarto dan Menhub Budi Karya Sumadi. Jokowi meninjau kapal sekitar 15 menit.

JIIPE menargetkan menampung 183 perusahaan dengan nilai investasi Rp 83,2 Triliun. Saat ini sudah ada 8 perusahaan yang berinvestasi dengan rincian 2 yang sudah beroperasi, 2 perusahaan yang dalam proses pembangunan, dan 4 lainnya yang memulai pembangunan. (dkp/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed