Follow detikFinance
Senin, 12 Mar 2018 12:58 WIB

Pelindo III Kerja Sama Tiga Perusahaan Garap Proyek Rp 1 Triliun

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menandatangani Memorandum of Collaboration (MoC) dengan PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT Adaro Energi. Hal ini dilakukan guna mengembangkan infrastruktur logistik di daerah.

Menurut CEO Pelindo III, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, menjelaskan nilai investasi dari kerja sama tersebut sebesar Rp 1 triliun.

"Kalau untuk ini total kita siapkan sekitar Rp 1 triliun. Kita dari capital market, dan uang internal, 70% dari capital market dan 30% uang internal," terang Askhara di Kantor Perwakilan Pelindo III, Parama Tamansari Office Tower, Jakarta Pusat, Senin (12/3/2018).


Selain itu, ia juga berencana menerbitkan surat utang atau global bond untuk membantu pendanaan pembangunan infrastruktur tersebut. Rencananya surat utang tersebut akan diterbitkan dalam waktu dekat.

"Kita akan mencoba akan issueing global bond tapi lagi penjajakan. Pendanaannya entah dari global bond, entah dari instrumen lainnya. Segera dalam semester satu ini," sambungnya.

Lantas, kata Ari kerja sama dengan PT Muria Sumba Manis terkait fasilitas dan pelayanan jasa kepelabuhanan dan jasa untuk pembangunan perkebunan tebu dan pabrik gula di Pelabuhan Kawasan Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).


"Pelindo III tidak hanya menjalankan bisnis dengan mengoptimalkan aset Pelabuhan Waingapu yang sangat strategis untuk mendukung pengembangan perkebunan tebu dan pabrik gula PT Muria Sumba Manis. Tetapi juga ada semangat besar untuk turut mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi kawasan timur Indonesia," ujar Askhara

Sedangkan, untuk PT Sriboga Flour Mill terkait dengan pengembangan terminal curah kering akan dibangun di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Pelindo III akan mengoptimalkan penggunaan aset pelabuhan sehingga Sriboga akan mendapatkan hak pengelolaan dua bidang tanah sekitar 40.000 meter persegi dalam jangka panjang.

Sementara itu, kerja sama dengan PT Indonesia Bulk Terminal atau anak usaha dari Adaro yakni pendirian perusahaan patungan untuk mengembangkan Pelabuhan Mekar Putih di Kalimantan Selatan (Kalsel). (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed