Follow detikFinance
Selasa, 13 Mar 2018 12:02 WIB

Sedang Dibangun, Begini Kondisi Proyek 6 Ruas Tol Dalam Kota DKI

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Masih ingat rencana pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai pembangunan 6 ruas tol dalam kota Jakarta?

Ternyata saat ini proyek tol tersebut masih dalam proses pengerjaan. Berdasarkan pantauan detikFinance, proyek pembangunan yang tengah berlangsung salah satunya berlokasi di depan Mall Of Indonesia.


Sedang Dibangun, Begini Penampakan Proyek 6 Ruas Tol Dalam KotaFoto: Selfie Miftahul Jannah

Pembangunan belum tampak di kawasan Sunter. Namun ketika menelusur ke arah Kelapa Gading sampai Pulo Gadung, jalanan di bagian tengah sudah dipagari seng penutup, tandan sedang ada pengerjaan proyek konstruski.

Sedang Dibangun, Begini Penampakan Proyek 6 Ruas Tol Dalam KotaFoto: Selfie Miftahul Jannah

Tampak pula dua carne berukuran kecil di Proyek Pembangunan Tahap I Sesi A yaitu Kelapa Gading - Pulo Gadung. Beberapa eskavator juga tampak sibuk mengangkut tanah hasil galian proyek. Ada pula mesin bor penggali yang sibuk dan bising beraktivitas siang tadi mengeruk tanah yang akan menjadi titik pondasi tol layang. Ada pula beberapa truk muatan untuk mengangkut tanah gali.

Menurut Projek Manager Proyek Tahap I Sesi A 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota PT Indonesia Pondasi Andri menjelaskan, saat ini pihaknya tengah membangun pondasi untuk memulai pembangunan 6 ruas tol yang akan dibuat melayang tersebut.

"Ini kan Proyeknya dari Sunter, Kelapa Gading Dakung sampai Bekasi. Ini kita kan khusus buat pondasi, sekarang lagi dibuat. Pengerjaannya kalau konstruksi yang lain 24 jam kalau penggalian cuma dari jam 08.00- 10.00. Yang baru digarap Kelapa Gading," jelas dia kepada detikFinance, Jumat (9/3/2018).

Sedang Dibangun, Begini Penampakan Proyek 6 Ruas Tol Dalam KotaFoto: Selfie Miftahul Jannah

Jumlah pekerja untuk penggalian dalam pemasangan pondasi kata Andri melibatkan 190 orang dan beberapa alat berat.

"Sekarang masih pondasi dan pengerjaan tiang jalan layang. Kita aja ada 190. Ditambah alat berat, mesin bor 9, crane 9 dan eskavator 9," papar dia.

Sebagai informasi pengerjaan proyek 6 ruas tol dalam kota DKI Jakarta telah dimulai sejak Februari 2017 lalu akan dibuat melayang. Proyek ini dikerjakan oleh PT Jakarta Toll Road Development dengan masa konsesi selama 45 tahun.

Secara keseluruhan, keenam ruas tol tersebut dengan total panjang 69,77 km diperkirakan baru akan rampung pada tahun 2022 mendatang.


Pengerjaan proyek ini akan dimulai seluruhnya sebelum 2019. Pada tahap awal, pengerjaan dilakukan pada ruas Semanan-Sunter-Pulo Gadung, yang kemudian dibagi lagi pengerjaannya dalam beberapa seksi.

Pekerjaan tahap II dan III juga akan dimulai secara paralel dengan berlangsungnya pekerjaan pada tahap I. Ada pula jadwal rencana operasi 6 ruas tol dalam kota, seperti dikutip dari data BPJT yaitu pembangunan tahap I seluas 29,67 Km yang meliputi Semanan-Sunter sepanjang 20,23 km Juli 2018.

Sedang Dibangun, Begini Penampakan Proyek 6 Ruas Tol Dalam KotaFoto: Selfie Miftahul Jannah

Kemudian Sunter-Pulo Gadung sepanjang 9,44 km pada Januari 2019. Kemudian pembangunan Tahap II sepanjang 22,25 km yang meliputi Duri Pulo-Kampung Melayu sepanjang 12,65 km pada Januari 2021.

Kemudian Kemayoran-Kampung Melayu sepanjang 9,60 km pada Januari 2021. Kemudian tahap III sepanjanv 17,86 km. Kemudian akan dilanjutkan ke Ulujami-Tanah Abang sepanjang 8,70 km pada Juli 2022 kemudian dilanjutkan ke Pasar Minggu-Casablanca sepanjang 9,16 km pada Juli 2022. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed