Follow detikFinance
Selasa, 13 Mar 2018 15:20 WIB

Pemerintah Pusat Bakal Bantu Pemprov Jabar Perbaiki Tanjakan Emen

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Muklis Dinillah Foto: Muklis Dinillah
Jakarta - Kawasan tanjakan Emen di Kampung Cicenang, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat merupakan salah satu lokasi jalan yang paling berbahaya di Indonesia. Berulang kali kecelakaan terjadi di daerah tersebut lantaran posisi belokan tajam di saat tanjakan yang curam sehingga butuh kehati-hatian ekstra dari pengendara jalan.

Kecelakaan yang terjadi di kawasan tersebut pada Senin (12/3) lalu pun membuat pemerintah akhirnya bergerak membangun jalur khusus atau escape road bagi pengendara yang memiliki masalah di sistem pengereman saat berjalan di turunan. Jalur penyelamat tersebut akan dibangun oleh pemerintah provinsi Jawa Barat dengan bantuan anggaran dari pemerintah pusat.

"Pemerintah pusat akan membantu pemda dengan membangun escape lane tersebut meskipun itu jalan provinsi," kata Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian saat dihubungi detikFinance, Selasa (13/3/2018).


Hedy bilang, alasan pemerintah pusat akhirnya ikut membantu pembangunan jalan tersebut karena perlunya tindakan yang cepat dari pemerintah. Namun belum diketahui berapa anggaran untuk pembangunan tersebut lantaran masih dilakukan detail engineering design (DED).

"Alasannya karena kebijakan Menteri PUPR berkaitan dengan keselamatan perlu tindakan nyata segera dari Pemerintah," katanya.


Adapun penyebab kecelakaan di tanjakan yang kini sudah berganti nama menjadi tanjakan aman tersebut sampai saat ini masih diselidiki oleh Puslitbang Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Kementerian PUPR. Escape road atau jalur khusus yang akan dibangun tersebut akan menjadi tindakan jangka pendek yang dilakukan pemerintah dalam meminimalisir kecelakaan di jalur tanjakan emen. (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed