Follow detikFinance
Rabu, 14 Mar 2018 20:20 WIB

Bandara Morowali Pangkas Waktu Tempuh Hingga 1 Jam

Mochammad Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Dok Dirjen Udara Kemenhub Foto: Dok Dirjen Udara Kemenhub
Jakarta - Keberadaan Bandara Morowali yang akan segera diresmikan dibutuhkan oleh warga di sekitar Sulawesi Tengah. Keberadaannya dapat membantu masyarakat dalam memangkas waktu tempuh perjalanan ke kota-kota lainnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, Jafar Hamid, mengatakan warga biasanya menempuh perjalanan hingga 12 jam jika ingin ke kota Palu yang jaraknya 520 km. Selain itu jika ingin ke Poso harus menempuh perjalanan hingga 8 jam melalui darat.


Dengan adanya Bandara Morowali, nantinya warga di sekitar bisa memangkas waktu tempuhnya menjadi 30 menit hingga satu jam. Tak heran jika keberadaan Bandara Morowali sangat dibutuhkan.

"Jarak Morowali ke Palu sekitar 520 km dan biasa ditempuh 11-12 jam naik mobil. Sedangkan jarak ke Poso dan Kendari lebih dari 300 km yang bisa ditempuh 7-8 jam naik mobil. Kalau naik pesawat waktunya hanya 30 menit sampai 1 jam perjalanan. Jadi masyarakat di sini sangat antusias kalau ada penerbangan," ujar Jafar, Rabu (14/3/2018).

Setelah diresmikan dan beroperasi, pemerintah daerah Morowali akan menyediakan akses angkutan darat yang dipersiapkan yang jaraknya sekitar 50 km. Pemerintah setempat juga telah melakukan pembebasan lahan guna perluasan landasan pacu.


Sementara itu Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, mengatakan Bandara Morowali juga membantu warga sekitar dalam penyediaan lapangan kerja.

"Saat ini ada 28 personel sumber daya manusia di Bandara yang sebagian berasal dari masyarakat sekitar," ujar Agus.

"Hal ini sangat bagus, sesuai dengan kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo agar semua proyek infrastruktur juga bisa mendayagunakan masyarakat sekitar. Dengan demikian juga ada rasa memiliki dari masyarakat terhadap kehadiran bandara ini," sambungnya. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed