Follow detikFinance
Selasa, 20 Mar 2018 17:50 WIB

Rini Sebut Kecelakaan Proyek Waskita Didominasi Faktor Human Error

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, banyaknya kasus kecelakaan konstruksi yang digarap PT Waskita Karya Tbk lebih karena didominasi faktor human error. Rini mengatakan banyak human error di dalam sistem mekanisme kerja PT Waskita Karya dan hal tersebut yang harus segera diperbaiki.

"Ini kan persoalannya banyak human error, makanya kami melihatnya kontrol mekanisme nya harus diperbaiki," kata dia usai rapat koordinasi di Gedung Kementerian Koordinator PMK, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Rini juga menjelaskan, perlu sistem pelaporan yang baik di setiap daerah sebagai upaya perbaikan pengawasan terhadap proyek yang dikerjakan.

"Sistem pelaporan dari tiap daerah itu harus diperbaiki," kata dia.



Seperti diketahui, sejumlah kecelakaan konstruksi berulang kali terjadi di proyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya. Dalam catatan detikFinance, BUMN konstruksi yang telah berdiri sejak 1961 tersebut setidaknya sudah lebih dari lima kali mengalami kecelakaan konstruksi pada proyek-proyeknya.

Anehnya, kecelakaan konstruksi yang terjadi kejadian dalam rentang waktu yang tidak lama alias singkat. Kecelakaan konstruksi pamungkas yang dilakukan Waskita Karya adalah pada proyek Rusun Pasar Rumput yang memakan satu orang korban jiwa.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed