Rute Kereta Bekasi-Bandara Bandara Soetta Segera Dibuka

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Selasa, 27 Mar 2018 08:02 WIB
Rute Kereta Bekasi-Bandara Bandara Soetta Segera Dibuka
Foto: Dok Humas KAI

Direktur Operasi dan Teknik Railink Purwanto Handry Nugrono mengatakan bila keteta bandara sudah diperpanjang sampai Bekasi, maka warga Bandung, bahkan Cirebon juga bisa langsung menuju ke Bandara Soetta.

Saat ini pihaknya bersama induk perusahaan, yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI), berencana melakukan integrasi tiket pembelian Kereta Bandara Soetta, dengan kereta jarak jauh.

"Kemarin sudah diajak oleh PT KAI ya, jadi karena kami tarik (rute) sampai Bekasi ini akan kita integerasikan tiketing kami dengan KAI, untuk nyambung dengan yang (kereta) Parahyangan dan Cirebon Ekspres. Jadi teman-teman Bandung, Cirebon itu bisa terangkut. Dalam waktu dekat," kata Purwanto.

Purwanto menjelaskan dengan integerasi sistem tiket ini maka nantinya penumpang kereta jarak jauh, yakni Argo Parahyangan ataupun Cirebon Ekspres hanya perlu membeli tiket satu kali. Nantinya, penumpang hanya perlu turun di Stasiun Bekasi dan langsung dilanjutkan ke Bandara Soetta.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Railink Heru Kuswanto menjelaskan integerasi ini nantinya layanan ini tak hanya untuk warga Bandung atau Cirebon saja. Namun juga untuk pengguna kereta jarak jauh lainnya, contohnya seperti dari Purwokerto.

"Intinya nanti begini saja, KA jarak jauh dari timur ya, dari Cirebon, Bandung, Purwakarta, jangan lupa Purwokerto juga belum punya bandara loh. Jadi dia kalau mau ke bandara nggak perlu repot. Cukup turun di Bekasi, tiket pun sudah di tangan kan, dan bisa diintegerasikan. Tinggal tap-in, masuk. Cuma satu jam paling lama, Bekasi-Bandara loh ya," tuturnya.