Segera Operasi, Budi Karya Cek Kesiapan Bandara Kertajati

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 04 Apr 2018 09:02 WIB
Bandara Kertajati/Foto: Mochamad Solehudin
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan melakukan kunjungan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Rabu (4/4/2018). Kunjungan ini untuk melihat perkembangan bandara yang akan beroperasi dalam waktu dekat.

Budi Karya berencana mengunjungi bandara pada siang hari. "Jadi (ke sana) jam 14," kata dia menjawab detikFinance di Jakarta, Rabu (4/4/2018).


Bandara ini rencananya juga akan melayani penerbangan untuk jamaah haji. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengatakan, bandara ini siap dipakai 15 Juli mendatang.

Luhut mengatakan, progres pembangunan Bandara Kertajati sudah mencapai 92%. Dia bilang, masih ada beberapa pekerjaan yang terus dikejar dalam beberapa bulan ke depan.

"Kertajati sudah 92% selesai. Tinggal ya menyelesaikan sisanya 500 meter dalam beberapa bulan tapi sudah bisa haji," kata Luhut.


"Pokoknya haji tanggal 15 Juli sudah terbang dari situ," terangnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) melaporkan pembayaran kontraktor bandara Kertajati akan molor. Namun ia meminta kepada kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT PP (Persero) Tbk untuk tetap fokus menyelesaikan pembangunan walaupun ada keterlambatan pembayaran. (zlf/zlf)

Tag Terpopuler