Budi Karya Ingin Jokowi Resmikan Bandara Kertajati Sebelum Lebaran

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 04 Apr 2018 19:40 WIB
Foto: Achmad Dwi/detikFinance
Majalengka - Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sudah hampir rampung. Peresmian bandara ini diharapkan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan bandara diharapkan rampung pada awal pekan Mei 2018. Setelah rampung, pada pekan ketiga Mei akan dilakukan peresmian pendahuluan atau soft launching.

Budi Karya mengatakan, dirinya akan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meresmikan bandara tersebut sehingga bisa dipakai untuk mudik.


"Kami sepakat menetapkan target, bangunan ini akan selesai di awal Mei. Kita akan soft opening minggu ketiga Mei dan kita upayakan mudik Lebaran sudah grand opening. Kita akan undang Pak Presiden untuk dilakukan grand opening," kata dia saat meninjau Bandara Kertajati, Majalengka Rabu (4/4/2018).

Dia mengatakan, bandara ini akan menjadi kebanggaan khususnya bagi warga Jawa Barat. Sebab, pembangunan bandara ini merupakan kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan swasta.



"Karena ada beberapa nilai yang bisa banggakan, dari segi pendanaan, kecepatan, dan solusi mudik Lebaran," sambungnya.


Sebagai informasi, berdasarkan data Kementerian Perhubungan pembangunan dari sisi darat mencakup terminal, garbarata, dan lain-lain sudah mencapai 91,07%. Sementara, untuk sisi udara meliputi runway dan apron sudah 100%. (zlf/zlf)