Waskita Jual 6 Ruas Jalan Tol Senilai Rp 7,5 T di 2018

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jumat, 06 Apr 2018 21:02 WIB
Tol Kanci Pejagan/Foto: Dina Rayanti
Jakarta - PT Waskita Karya (Persero) Tbk bakal menjual kepemilikannya pada tiga ruas jalan tol di 2018. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya mencari sumber pendanaan untuk mengembangkan sejumlah proyek perseroan.

Mantan Direktur Utama Waskita Karya M. Choliq yang dalam RUPS hari ini dicopot jabatannya mengatakan bakal menjual tiga ruas Tol Trans Jawa melalui instrumen Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) dengan nilai total Rp 7,5 triliun. Total, ada enam ruas Tol Trans Jawa yang bakal dijual milik Waskita Karya.

Enam ruas tersebut dibagi menjadi dua sesi penjualan. Untuk yang pertama ialah Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, dan Pasuruan- Probolinggo dengan kepemilikan Waskita 100%. Tiga ruas tol tersebut bakal dijual dengan nilai Rp 5 triliun.

"Divestasi yang dalam jangka sangat pendek ini, Pak Tunggul sudah mendapatkan komitmen pembeli sekitar Rp 5 triliun. Sehingga harapan saya minggu depan itu sudah closing, sudah settlement. Duitnya sudah diterima oleh Waskita, itu Rp 5 triliun," katanya di kantor Waskita Karya, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Setelah itu, kata Choliq, perseroan bakal menjual kembali tiga ruas jalan tolnya dengan kepemilikan saham 40%. Tiga ruas tersebut ialah Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, dan Semarang-Batang.

"Kami akan divestasi lagi lewat RDPT untuk tiga ruas tol Trans Jawa yang kepemilikannya minoritas. Harapannya sekitar Rp 2,5 triliun sasarannya yang ingin dicapai," kata Choliq.

Dia memperkirakan penjualan itu akan dilakukan dua bulan setelah sesi pertama dilakukan, atau sekitar Juni 2018. Dari penjualan itu dia menargetkan bisa menambah sumber pendanaan sebesar Rp 2,5 triliun.

"Proses lagi lah, kira-kira dua bulan lagi. Kalau dua bulan lagi Juni lah," tuturnya. (fdl/zlf)