Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Apr 2018 14:39 WIB

Teknologi Ini Bisa Bikin Konstruksi Lebih Cepat

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Di ajang pameran bahan bangunan Megabuild 2018 pada 15-18 Maret 2018 di Jakarta, PT Etex Building Performance Indonesia (EBPI/sebelumnya PT Eternit Gresik) memamerkan ragam produk barunya untuk solusi bahan bangunan.

EBPI merupakan produsen material bahan bangunan papan fiber semen dengan merek Kalsi dan Equitone. Kalsi dan Equitone bisa menjadi solusi untuk pembangunan yang praktis, ringkas, ekonomis, dan ramah lingkungan.

Berbagai jenis produk maupun ukuran sudah tersedia untuk mengikuti perkembangan tren material bahan bangunan maupun desain sehingga secara umum sudah bisa digunakan untuk berbagai fungsi bangunan.


Menurut Marketing & Technical Manager EBPI Bagus Hendarto, ada banyak produk yang bisa digunakan untuk menggantikan material kayu, triplek, maupun gipusm.

"Kami memiliki Kalsi Bekisting, Kalsi Joint Compound, Kalsi Floor 20, KalsiClad, Kalsi Plinth 8, dan Kalsiplank 12 Fascia. Dengan menggunakan produk Kalsi, proses pembangunan bisa lebih bersih, cepat, dan efisien," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (9/4/2018).

Mengusung teknologi dari Etex Company Belgia, berikut beberapa keunggulan produk ini. Kalsi Bekisting bisa digunakan untuk pengganti papan kayu ataupun multiplek untuk aplikasi bekisting atau cetakan beton.

Kalsi Bekisting lebih tahan air, tahan rayap, tahan api dan bisa digunakan 3-4 kali untuk cetakan beton. Produknya juga bisa dipaku, disekrup, maupun dipotong selain tahan lendut.

Produk ini tersedia dalam ukuran 122x244 cm dan 120x240 cm dengan ketebalan 6-10 mm. Harganya mulai Rp 120 ribu.

Kalsi Joint Compound akan menjadi produk yang sangat baik untuk menutup sambungan plafon maupun partisi. Pada bagian ini kerap terjadi retak rambut karena penggunaan kompon berbasis gipsum yang kurang tepat.

Produk ini menggunakan teknologi ACF+ (anti crack formula plus) yang memiliki kekuatan tiga kali lebih kuat dibanding kompon sambungan biasa.

Hasilnya lebih mudah digunakan, diamplas, dan dicat, bahkan sisa adukannya bisa digunakan kembali. Harga produk ini Rp 135 ribu/20 kg.

Kalsi Floor 20 merupakan produk untuk meningkat lantai bangunan secara instan. Meningkat lantai dengan sistem konvensional (sistem cor) sangat merepotkan, makan waktu, boros, dan kotor.

Dengan produk ini kita bisa meningkat lantai dengan tetap bisa memanfaatkan ruang di bawahnya sehingga lebih bersih, cepat, dan efisien. Ukuran 120x60 cm mampu menahan beban secara merata hingga 800 kg. Produk ini tersedia dalam ukuran 1.220x2.440 mm (tebal 6 mm) seharga Rp 564 ribu/lembar.

KalsiClad dan Equitone bisa digunakan untuk fasad bangunan yang akan menampilkan keindahan dan originalitas.

Equitone merupakan produk premium dari Jerman yang dihadirka untuk memenuhi tuntutan desain kalangan arsitek untuk bangunan-bangunan dengan desain tertentu. Harga KalsiClad mulai Rp 200 ribun/lembar.

Kalsi Plinth 8 bisa digunakan untuk pembatas antara dinding dan lantai. Produk ini memiliki keandalan lebih tahan air dan mudah dipasang sehingga bisa menggantikan penggunaan keramik. Sementara itu Kalsiplank 12 Fascia merupakan produk pengganti kayu atap atau lisplank yang sudah banyak digunakan. Harga produk ini Rp 60 ribu/lembar.

"Berbagai produk inovasi ini bisa memberikan solusi bagi dunia konstruksi dan solusi dari permasalahan penggunaan produk kayu selama ini. Rangkaian produknya sudah sangat lengkap untuk segala kebutuhan bangunan. Kami juga merupakan papan fiber semen pertama di Indonesia yang memiliki sertifikat internasional 100 persen bebas asbes," beber Bagus. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed