Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Apr 2018 09:28 WIB

Cek Kereta MRT, Anies Selfie Bareng Masinis Wanita

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Cek Depo MRT/Foto: Eduardo SImorangkir/detikFinance Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Cek Depo MRT/Foto: Eduardo SImorangkir/detikFinance
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini meninjau depo kereta mass rapid transit (MRT) di Lebak Bulus. Kedatangan Anies bertepatan dengan mendaratnya seluruh rangkaian pertama kereta MRT Jakarta tahap pertama yang telah dikirimkan dari Jepang.

Pantauan detikFinance di lokasi, Kamis (12/4/2018), Anies masuk ke dalam kereta yang masih steril sekitar 10 menit. Setelah masuk ke dalam kereta, Anies menuju bagian kepala kereta, tepatnya ke ruangan masinis.




Saat tiba di bagian kepala kereta, Anies yang ditemani anak bungsunya, Ismail Hakim Baswedan tampak berbincang dengan masinis wanita yang telah standby menunggu di dalam kereta. Ada momen unik di tinjauan mantan menteri pendidikan ini. Setelah berbincang, Anies kemudian tampak mengeluarkan ponsel pribadinya dari dalam kantong untuk berfoto bersama di dalam kereta.

Rencananya, kereta MRT Jakarta sendiri akan beroperasi tanpa pengemudi yang dikendalikan dari Operational Control Centre (OCC) di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Namun untuk tahap awal, kebutuhan masinis akan tetap dibutuhkan demi alasan keamanan, namun tugasnya untuk mengatur tutup dan buka pintu.


Pada dasarnya kereta MRT digerakkan oleh operator pusat. Sehingga masinis akan bertugas hanya untuk bagian darurat, seperti penutupan pintu. Sebab bila masih terdapat penumpang, pintu belum bisa tertutup sempurna.

Nantinya, MRT akan 'dioperasikan' oleh 70 masinis. Adapun sampai saat ini sudah ada sekitar 40 masinis yang siap. Dari jumlah masinis yang telah ada saat ini lima di antaranya merupakan perempuan. (eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed