Follow detikFinance
Kamis, 12 Apr 2018 11:31 WIB

Anies Mau MRT Dipakai Masyarakat Kelas Atas hingga Bawah

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini meninjau 12 gerbong kereta mass rapid transit (MRT) Jakarta yang telah tiba di Depo Lebak Bulus. Usai meninjau kereta dan bagian dalamnya, Anies bercerita soal harapannya akan transportasi umum massal di Jakarta seperti MRT bisa menjadi solusi dari kemacetan di Ibu Kota.

MRT Jakarta diharapkan menjadi transportasi yang diminati banyak orang sehingga penggunaan kendaraan pribadi pun bisa berkurang di jalan yang ada. Anies yakin MRT bisa menjadi pilihan transportasi warga dari berbagai kalangan, termasuk para petinggi perusahaan lantaran moda transportasi ini dikelola dengan baik, penuh kedisiplinan baik waktu dan perilaku hingga kebersihan.

"MRT akan jadi melting pot (tempat melebur) masyarakat di Jakarta. Satu gerbongnya bisa mengangkut hingga 300 orang. Mulai dari orang top di perusahaan sampai yang bekerja di support systemnya," katanya di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (12/4/2018).


"Saat ini mayoritas masih menggunakan kendaraan pribadi tapi tidak berinteraksi satu sama lain. Masyarakat dari segala strata akan berada di tempat yang sama dan akan memperkuat interaksi antar warga. Termasuk di dalam ada tempat untuk difabel, dan priority seat," tambahnya.

Anies mengatakan saat ini progres pembangunan MRT terus menunjukkan kemajuan yang baik. Dengan progres pembangunan saat ini mencapai 92,5%, MRT Jakarta diharapkan bisa beroperasi pada Maret 2019 mendatang.

"MRT bukan hanya transportasi tapi juga media membentuk kebiasaan dan budaya baru. Budaya antre, tepat waktu, bersih, karena MRT nya sendiri harus dikelola seperti itu. Semua menerapkan kedisiplinan amat tinggi. Kita harap proyek ini tetap berjalan dengan baik, selesai tepat waktu dan tentunya dengan kualitas yang baik," katanya.


Adapun kereta MRT tahap I akan beroperasi dengan 14 trainset atau 84 gerbong, dan 2 kereta untuk cadangan atau maintenance.

Jika dalam 1 trainset ada 6 gerbong kereta, dan tiap gerbong bisa diisi oleh 300 penumpang, maka 1 trainset kereta bisa mengangkut hingga 1.800 penumpang.



Dengan lama waktu tunggu atau headway sekitar 5 menit saat jam sibuk, maka kereta MRT diharapkan bisa mengakomodasi kebutuhan transportasi massal yang cepat dan tepat waktu bagi masyarakat di ibu kota.

Video 20Detik: Anies Ajak Anak Tinjau Kereta MRT

[Gambas:Video 20detik]

(eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed