Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Apr 2018 16:04 WIB

Gerbong Tiba di Priok, Ini Tahapan LRT Jakarta Selanjutnya

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: WIKA Foto: WIKA
Jakarta - Dua gerbong kereta ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta yang dipesan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dari perusahaan Hyundai Roterm di Changwon, Korea Selatan telah tiba di Jakarta. Kedua gerbong kereta ini selanjutnya akan dibawa menuju lintasan yang sudah dipasangi rel kereta di Kelapa Gading.

Direktur Utama Jakpro Satya Heragandhi mengatakan, dua gerbong kereta tersebut akan dilakukan penyambungan atau instalasi dalam waktu 2 hingga 4 minggu lamanya. Sambil menunggu penyambungan dua gerbong kereta tersebut rampung, dua gerbong lagi kereta LRT Jakarta dari Korea Selatan akan dikirim kembali dan direncanakan tiba pada medio Mei mendatang.

"Nanti akan ada proses untuk menyambungkan dua gerbong jadi satu. Itu waktunya 2-4 minggu. Setelah itu bisa langsung tes commisioning oleh Kementerian Perhubungan," katanya kepada detikFinance saat dihubungi, Jumat (13/4/2018).


Setelah rangkaian kereta kedua nanti tiba pada tanggal 15 Mei di Jakarta, proses yang sama juga akan dilakukan yakni penyambungan dua gerbong kereta hingga tes commisioning selanjutnya pada bulan Juni.

"Mei tanggal 15 mestinya kereta siap diuji coba sampai Juni," kata Satya.

Proses uji coba sendiri diperkirakan rampung seluruhnya pada bulan Juni-Juli. Sehingga kereta LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5,8 km akan bisa digunakan pada Agustus atau bertepatan dengan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Saat ini, Jakpro juga tengah merampungkan proses instalasi listrik sambil menuntaskan konstruksi fisik depo dan jalur kereta. Ada peralatan listrik yang tengah ditunggu tiba dari Italia untuk memulai instalasi listrik untuk mendukung proses uji coba di bulan Mei.

"Komitmen PLN sudah didapat. Tapi memang ada ada peralatan listrik yang sedang ditunggu datang dari Italia. Kita sedang lakukan percepatan juga untuk shipment-nya," pungkasnya.

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed