Follow detikFinance
Selasa, 17 Apr 2018 17:30 WIB

Selain Tol, Bandara Kertajati akan Terkoneksi dengan Kereta

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikFinance Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Majalengka - Bandara Kertajati akan didukung banyak moda transportasi. Salah satunya adalah kereta bandara.

Presiden Joko Widodo mengatakan ke depan, bandara ini akan dilengkapi kereta bandara. Kereta bandara sudah hadir di beberapa bandara seperti Soekarno Hatta dan Kuala Namu.

"Rencana di depan nanti ada kereta masuk ke sini," kata Jokowi di lokasi proyek Bandara Kertajati, Majalengka, Selasa (17/4/2018).


Selain kereta bandara, kata Jokowi, infrastruktur ini juga akan terkoneksi dengan beberapa ruas tol, yakni tol Cikopo-Palimanan (Cipali) untuk warga dari arah Jakarta ke bandara Kertajati dan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) untuk warga dari arah Bandung.

"Ini juga akan nanti dikoneksikan dengan tol, bisa masuk nanti Tol Cipali, Tol Bandung (Cisumdawu)," lanjutnya.

Bandara ini pun akan terus dikembangkan dari segi sarana dan prasarananya sehingga dampaknya terhadap perekonomian di sekitarnya bisa lebih besar.


"Ya nanti tahapan kedua. Yang jelas saya kira nanti akan ada pengembangan di sekitar bandara, sebagai titik pertumbuhan ekonomi baru. Nanti juga akan kelihatan," tambahnya.

Jokowi menilai bandara ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Bandara ini dinilai menjadi yang terbesar kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Jakarta Barat.

Bahkan, Jokowi menyebutkan bandara ini bisa menampung hingga 5,6 juta penumpang per tahun setelah selesai pembangunan tahap pertamanya.


"Dengan kondisi Airport Kertajati ini bisa menampung kurang lebih 5,6 juta penumpang. Ini tahapan pertama ya. Ya, airport terbesar setelah Soekarno-Hatta," kata Jokowi. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed