Follow detikFinance
Selasa, 17 Apr 2018 19:21 WIB

Jembatan Babat yang Ambrol Bisa Awet Sampai 100 Tahun

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Eko Sudjarwo Foto: Eko Sudjarwo
Jakarta - Jembatan Cincin Lama yang ambrol sudah dibangun sejak tahun 1970-an. Namun jembatan yang menghubungkan ruas Tuban-Widang ini diyakini masih bisa dioperasikan hingga puluhan tahun lagi.

Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Iwan Zarkasi mengatakan jembatan tersebut dibangun saat masa orde baru dalam program Pelita (pembangunan 5 tahun). Saat itu pemerintah mengimpor langsung bahan jembatan itu dari Inggris.

"Jembatan ini dimpor dari UK (United Kingdom) tahun '70-an, selesai sebelum '80-an," tuturnya di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Hal ini berarti umur dari jembatan tersebut kini sudah sekitar 40 tahunan. Iwan mengatakan, biasanya jembatan jenis tersebut memiliki batas umur pelayanan sekitar 50 tahun, namun bisa lebih lama lagi jika dirawat dengan baik.



"Secara teoritis 50 tahun tapi bukan berarti 50 tahun mati. Istilahnya angka harapan hidup orang Indonesia 70 tahun bukan berarti lebih dari itu mati. Jadi dengan cara dirawat bisa lebi dari 100 tahun kalau pemeliharaannya bagus," imbuhnya.

Iwan mengaku proses renovasi Jembatan Cincin Lama secara rutin dilakukan sesuai dengan kondisi jembatannya. Proses perbaikan terakhir kali dilakukan pada tahun lalu.

Iwan mencatat, saat ini ada sekitar 40 jembatan di pulau Jawa yang memiliki tipe dan umur yang sama dengan Jembatan Cincin Lama.

"Di luar Jawa juga ada, tapi paling banyak di Jawa," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed