Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Apr 2018 15:07 WIB

Tanah Ambruk di Proyek Tol Manado-Bitung, Ini Kata Basuki

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Kecelakaan proyek pembangunan jalan tol kembali terjadi. Kali ini insiden terjadi di proyek Jalan tol Manado-Bitung yang mengakibatkan tiga orang tertimbun material bangunan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya bakal memberikan sanksi kepada PT Wijaya Karya (WIKA) selaku operator terhadap proyek tersebut. Sanksi itu dilihat berdasarkan investigasi yang dilakukan.

"Iya pasti (bisa sanksi), apalagi ada korban jiwa," katanya saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (18/4/2018).



Basuki menjelaskan, bahwa pihak Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) Kementerian PUPR telah melakukan pengecekan di lapangan. Hari ini, KKK juga melakukan investigasi insiden tersebut.

"Kemarin tim KKK ke sana tapi belum bisa masuk ke lokasi karena masih ada garis polisi. Baru hari ini bisa dievaluasi," jelasnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, investigasi tersebut dilakukan untuk melihat tingkat kelalaian pihak kontraktor dalam mengerjakan proyek. Sanksi kepada WIKA akan dilihat berdasarkan hasil investigasi nanti.

"Nanti kita lihat rekomendasinya KKK, juga laporan dari polisi," tuturnya.


(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com