9 Pemda Ini Raih Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Senin, 30 Apr 2018 15:15 WIB
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas mengapresiasi setiap daerah dengan perencanaan terbaik 2018. Lantas, pihaknya pun menetapkan 9 daerah untuk penghargaan tersebut.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan penghargaan tersebut diberikan kepada 9 daerah yang terdiri dari tiga provinsi terbaik, tiga kabupaten terbaik, dan tiga kota terbaik. Penilaian itu berdasarkan pertimbangan perencanaan dan pencapaian pembangunan daerah.

"Penghargaan Pembangunan Daerah adalah bentuk apresiasi atas kerja keras daerah dalam merencanakan dan mencapai target pembangunan. Saya berharap, penghargaan ini mampu mendorong setiap daerah, baik di tingkat provinsi, kabupaten, hingga kota, untuk berlomba-lomba menyiapkan dokumen RKPD secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan," jelasnya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/4/2018).

9 daerah yang meraih Penghargaan Pembangunan Daerah 2018 adalah sebagai berikut:


Kategori Pencapaian dan Perencanaan Terbaik Tingkat Provinsi:

1. Provinsi Jawa Timur

2. Provinsi Sumatera Selatan

3. Provinsi Bali

Kategori Pencapaian dan Perencanaan Terbaik Tingkat Kabupaten:

1. Kabupaten Tegal

2. Kabupaten Lombok Utara

3. Kabupaten Banyuwangi

Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kota:

1. Kota Palu

2. Kota Palembang

3. Kota Surakarta

Sementara itu, pemerintah juga memberikan Penghargaan Khusus Pembangunan Infrastruktur Daerah Skema KPBU kategori Proyek Infrastruktur Non Anggaran Pemerintah kepada Provinsi Jawa Barat atau Bandara Kertajati.

Sebab, menurutnya provinsi Jawa Barat memiliki komitmen kuat dalam pembangunan infrastruktur di daerah. Hal itu terbukti dari pembangunan Bandara Kertajati.

"Kementerian PPN/Bappenas memberikan Penghargaan Khusus Pembangunan Infrastruktur Daerah Skema KPBU kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas komitmen kuat dalam percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui skema pembiayaan alternatif yang memanfaatkan dana-dana jangka panjang milik publik, menciptakan sinergi pembiayaan dana pemerintah dan non pemerintah," pungkasnya. (hns/hns)