Follow detikFinance
Minggu, 06 Mei 2018 17:06 WIB

Jembatan Kenteng Belum Rampung, JKT-SBY Bisa Tetap Tersambung Tol

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
Jakarta -
Jembatan Kenteng di Salatiga belum bisa dipakai untuk mudik tahun ini. Sebab, pembangunan jembatan sepanjang 496 meter di ruas Tol Salatiga-Kartasura itu belum rampung.
Namun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencari alternatif sehingga Jakarta hingga Surabaya bisa tetap tersambung tol, baik dengan tol operasional maupun fungsional.
Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja menerangkan, Jembatan Kenteng belum dipakai karena belum rampung. Dia mengatakan, untuk mengatasi masalah tersebut akan dibuat jalan alternatif di sebelah jembatan.
"Itu pilar-pilarnya ada kedalaman 60 meter, tinggi pilar. Kita belum pasang girder nggak keburu, nggak akan sempat untuk arus mudik besok. Jadi dipakai jalan di samping jembatan," kata dia kepada detikFinance di Jakarta, Minggu (6/5/2018).
Dia mengatakan, jalan alternatif yang dibuat memiliki panjang sekitar 500 meter. Jalan akan dilapisi dengan beton. Endra mengatakan, karena wilayah ini curam maka perlu adanya penimbunan.
Endra menambahkan, jalan ini bakal rampung antara H-10 hingga H-7 sebelum Lebaran.
"Di samping Jembatan Kali Kenteng panjangnya 500 meter, karena 500 meter kedalaman 60 meter, itu terlalu terjal. Sekarang dibuat timbunannya, lagi ditimbun sekarang. Timbunan supaya nggak terlalu curam, baru nanti lapisan akhir rigid pavement, itu di beton," ujarnya.
Selain itu, Endra bilang, yang menjadi perhatian saat ini ialah Jembatan Kali Kuto di ruas Tol Batang-Semarang. Berbeda dengan Jembatan Kenteng, Endra mengatakan, jembatan ini bakal bisa dipakai untuk mudik.
"Jembatang Batang-Semarang, itu Kali Kuto, itu Insyallah bisa, sekarang hampir 85% progresnya. Itu bisalah kita kejar untuk fungsional Lebaran." tutupnya.


(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed