Follow detikFinance
Rabu, 16 Mei 2018 16:22 WIB

Proyek LRT Ratu Prabu Diminati 7 Perusahaan Asing

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ardan Adhi/detikFinance Foto: Ardan Adhi/detikFinance
Jakarta - PT Ratu Prabu Energi Tbk (ARTI) mengungkapkan ada tujuh perusahaan asing yang minat untuk terlibat membangun light rail transit (LRT) Jabodetabek yang diinisiasi oleh perusahaan. Seperti diketahui Ratu Prabu Energi sempat mengajukan diri untuk membangun LRT di Jabodetabek sepanjang 400 km dengan perkiraan investasi Rp 405 triliun.

Direktur Utama ARTI Burhanuddin Bur Maras mengatakan tujuh perusahaan tersebut berasal dari Korea Selatan dan China. Persisnya enam di antaranya perusahaan asal China, dan satu dari Korea Selatan.

"Sekarang kita sudah undang para kontraktor yang ada minat bangun proyek ini. Peminatnya yang sudah kita undang, enam perusahaan China, satu Korea. Tujuh perusahaan sangat minat partisipasi bangun proyek ini," katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (16/5/2018).



Kontraktor yang bakal terlibat dalam pembangunan LRT Ratu Prabu ini lah yang nantinya juga akan menyediakan dana pembangunan.

"Proyek ini kontraknya sebagai EPC plus F, engineering, procurement, construction, dan pendanaan (financing). Para kontraktor yang minat juga harus sediakan pendanaannya. Dan keadaannya berjalan lancar," lanjutnya.

Proses tendernya sendiri akan digelar Juni mendatang dan memakan waktu sekitar 2-3 bulan untuk menetapkan siapa kontraktor yang dipilih. Sedangkan total dana yang dibutuhkan, khususnya dalam pembangunan fase I ini adalah Rp 94 triliun.

"Pekerjaan ini akan dilaksanakan dengan tiga tahap. Tahap pertama tiga jalur mencakup Kota ke Jalan Sudirman, jalur kedua meliputi jalan Daan Mogot. Ketiga dari utara menuju airport (Bandara Soekarno-Hatta). Tiga jalur 115 km panjangnya, dan akan perlu dana Rp 94 triliun. Studinya sudah dilaksanakan," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed