Follow detikFinance
Senin, 21 Mei 2018 10:56 WIB

Tol Brebes Timur-Sewaka Mulai Uji Laik Fungsi

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance Foto: Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jakarta - Ruas tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV yang menyambungkan Brebes Timur ke Sewaka sepanjang 37 km hari ini masuk ke proses uji laik fungsi. Uji laik fungsi merupakan tahapan sebelum tol tersebut dibuka untuk beroperasi guna mendapatkan sertifikat laik fungsi dan operasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Hari ini tol Pejagan-Pemalang uji laik fungsi. Itu proses di lapangan, nanti ada interaksi seperti perbaikan dan lain-lain. Nanti setelah proses laik fungsi selesai, setelah itu keluar surat lulus uji laik fungsi, baru dioperasikan," kata Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna kepada detikFinance saat dihubungi, Senin (21/5/2018).

Ruas Brebes Timur-Sewaka merupakan lanjutan dari tol Pejagan-Pemalang seksi I dan II (Pejagan-Brebes Timur) yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juni 2016 lalu. Tol ini merupakan satu dari tujuh ruas tol yang ditarget beroperasi pada bulan ini.

Tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV juga salah satu tol yang mundur jadwal pengoperasiannya pada tahun lalu lantaran masih terbentur pada kendala pengadaan lahan. Tol ini diproyeksi bisa dioperasikan saat mudik Lebaran bulan depan.


Pada Lebaran 2017, jalan tol ini digunakan untuk arus mudik secara fungsional. Namun tahun ini tol ini rencananya sudah bisa dinikmati secara operasional.

"Kalau Pejagan-Pemalang ini kemarin masih proses. Masih ada beberapa median yang harus dikerjakan," jelas Herry.

Selain tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV, BPJT juga tengah melakukan proses uji laik fungsi pada 6 ruas tol lainnya. Enam ruas tol lainnya meliputi ruas tol Solo-Ngawi seksi Kartosuro-Simpang Susun (SS) Sragen (36 km), tol Bogor Ring Road Seksi 2B Kedung Badak-Simpang Yasmin (2 km) dan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan (10,75 km).

Kemudian tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 SS Rembang-SS Pasuruan (6,6 km), akses Dryport Cikarang Tol Jakarta-Cikampek (3,5 km), dan tol Pemalang-Batang Seksi Sewaka-SS Pemalang (5,2 km).

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed