Follow detikFinance
Senin, 21 Mei 2018 11:28 WIB

Asyik, Tol Pejagan-Pemalang Cuma Bayar Setengah Saat Mudik

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Imam Suripto/detikcom Foto: Imam Suripto/detikcom
Jakarta - Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 km bakal beroperasi penuh saat mudik Lebaran 2018 mendatang. Saat ini, seksi III dan IV yang menyambungkan Brebes Timur hingga Sewaka di Pemalang tengah merampungkan proses uji laik fungsi untuk bisa beroperasi sebelum Lebaran nanti.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, meski tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV sudah bisa digunakan secara operasional saat mudik Lebaran nanti, namun dia memastikan tol tersebut bisa dilewati tanpa dikenakan biaya dulu.

Hal ini membuat pengguna tol hanya perlu membayar sebesar Rp 20.000 untuk tarif dari Pejagan menuju Brebes Timur sepanjang 20,2 km.

"Nanti kalau bisa selesai sebelum Lebaran, tentu bisa dioperasikan secara operasional. Tapi tarifnya akan dikenakan setelah hari raya," kata Herry kepada detikFinance saat dihubungi, Senin (21/5/2018).


Dengan demikian, tol Pejagan-Pemalang yang ditempuh penuh sepanjang 57,5 km hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 20.000.

Tol Pejagan-Pemalang sendiri mematok tarif sebesar Rp 1.000/km dengan pengoperasian sistem tertutup. Artinya jika nanti sudah beroperasi penuh setelah Lebaran, maka biaya yang diperlukan bagi kendaraan golongan I melewati tol ini secara penuh mencapai Rp 57.500.

Namun, tol ini juga kemungkinan akan mengalami kenaikan tarif pada tahun ini, mengingat pengoperasian tol ini sudah dimulai sejak Juni 2016 lalu. Hal ini mengacu pada aturan kenaikan tarif tol setiap dua tahun sekali yang dihitung berdasarkan inflasi daerah yang dilaluinya.

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed