Follow detikFinance
Selasa, 22 Mei 2018 16:00 WIB

Diuji Coba, Kereta LRT Palembang Mulus Melintas di Atas Rel

Raja Adil Siregar - detikFinance
Foto: Dok. Foto: Dok.
Palembang - Uji coba dinamis kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Palembang secara tertutup telah dilakukan malam tadi. Tidak ada kendala berarti dan LRT siap beroperasi sebelum Asian Games berlangsung.

"Uji coba atau tes dinamis dilakukan tadi malam pukul 21.30 WIB hingga dini hari tadi. Uji coba sendiri dilakukan malam hari dan tertutup karena untuk menjaga keamanan," kata PPK LRT Palembang, Suranto saat dikonfirmasi, Selasa (22/5/2018).

Uji dinamis sendiri, kata Suranto, dihadiri langsung beberapa instansi terkait yang terlibat pembangunan LRT. Seperti INKA, PT KAI, PT Waskita Karya, PT LEN Industri, SMEC, serta BTP Sumbagsel.

Untuk rute uji coba, dimulai dari Depo di receiptance track Jakabaring ke stasiun Ogan Permata Indah (OPI) dan terakhir di stasiun Jakabaring. Setibanya di stasiun Jakabaring, LRT kembali lagi ke Depo untuk uji coba pengereman dan perlengkapan selama di jalur lintasan.

"Semua pihak terkait tadi malam hadir. Kita juga sudah lakukan tes kelistrikan aliran bawah yang memiliki tegangan 750vdc dan arus listrik kisaran 700 A. Sebelum dilakukan tes, kami cek jalur perlintasan dan dilakukan jalan dengan pelan-pelan," sambungnya.



Selama uji dinamis, tidak ada persoalan serius yang dialami dan dapat dipastikan semua berjalan lancar. Sedangkan untuk progres pembangunan keseluruhan telah mencapai 91,5% atau tinggal tahap finishing saja.

Dengan demikian, Suranto memastikan LRT Palembang siap beroperasi sebelum Asian Games pada Agustus mendatang. Pihaknya akan terus melakukan evaluasi terhadap kereta LRT Palembang.

"Tes berjalan lancar dan terkendali, tidak ada kendala berarti. Sejauh ini hasilnya baik dan akan kami evaluasi. Begitu juga untuk progres keseluruhan, semua sudah tahap finishing," tutupnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed