Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 22 Mei 2018 17:14 WIB

Rel Girder Tol Soker Ambruk, Bagaimana Dampaknya ke Jalur Mudik?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Dok, Kementerian PUPR. Foto: Dok, Kementerian PUPR.
Jakarta - Launcher (peluncur) girder proyek pembangunan tol Solo Kertosono ambruk. Ambruknya launcher girder tersebut mengakibatkan pembangunan jembatan penghubung tol Mojokerto-Kertosono dengan tol Solo-Kertosono harus tertunda.

Lantas, bagaimana imbasnya ke jalur alternatif mudik Lebaran?

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setyadi Moerwanto mengatakan kejadian ini tak berimbas pada rencana pemerintah untuk membuka sejumlah ruas tol fungsional dan operasional pada mudik Lebaran tahun ini.

"Kejadian tersebut benar, tetapi tidak ada ruas tol fungsional yang batal. Kami sedang mengupayakan launcher pengganti," katanya kepada detikFinance saat dihubungi, Selasa (22/5/2018).



Dia bilang, proses pembangunan jembatan memang tertunda namun pihaknya tengah mencari launcher pengganti agar proses pembangunan jembatan bisa terus berjalan.

"Jembatan Bailey sudah terpasang, tetapi kami terus berupaya mencari launcher pengganti dan memasang girder," kata Arie.

Kementerian PUPR sendiri menyediakan pra sarana jalur nasional dan tol untuk mudik di Jawa tahun ini. Jalan nasional yang menjadi jalur mudik kondisinya cukup baik dengan tingkat kemantapan 90%. Selain itu untuk jalan tol, pemudik tahun ini bisa menggunakan dari Merak hingga Pasuruan sepanjang 995 km meski dari panjang tersebut, 237 km masih berstatus fungsional.

Adapun tol fungsional dapat dilewati siang dan malam. Namun untuk pengaturan di lapangan sepenuhnya kewenangan pihak Korlantas.

(eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com