Follow detikFinance
Selasa, 22 Mei 2018 17:32 WIB

Ruas Tol Salatiga-Ngawi Bisa Dilewati Gratis Saat Mudik

Ragil Ajiyanto - detikFinance
Foto: Ragil Ajiyanto Foto: Ragil Ajiyanto
Boyolali - Pada arus mudik Lebaran mendatang, ruas jalan Tol Salatiga hingga Ngawi siap digunakan pemudik. Baik yang masih fungsional maupun sudah operasional.

"Dibuka mulai 8 Juni hingga 24 Juni (2018)," kata Manajer Administrasi PT Jasa Marga Solo Ngawi, Fatahillah, kepada para wartawan di gerbang tol Boyolali, Selasa (22/5/2018).

Jalur bebas hambatan sepanjang 122,9 km tersebut dibagi menjadi tiga ruas. Dijelaskan dia, untuk ruas Salatiga-Boyolali-Colomadu sepanjang 32,65 km saat ini masih dalam proses pembangunan. Jalan tol tersebut akan dibuka sebagai arus mudik dan balik Lebaran secara fungsional.

Begitu juga dengan ruas Sragen-Ngawi, sepanjang 60,142 km masih bersifat fungsional. Sedangkan untuk ruas Solo-Sragen sepanjang 30,2 km dengan pintu masuk di Colomadu, sudah dioperasionalkan sebagai jalur tol, sebab proses pembangunannya saat ini sudah selesai. Namun, khusus untuk arus mudik dan balik tak akan dikenakan tarif alias masih gratis.

"Untuk ruas tol yang masih fungsional, akan dibuka mulai Pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kalau di jalur non tol padat, jalur fungsional bisa dibuka hingga pukul 21.00 WIB. Tapi penambahan jam operasional ini sudah di luar tanggung jawab kami. Nanti pengamanan dikelola Polri. Sementara untuk jalur tol yang sudah operasional dibuka selama 24 jam," jelas Fatahillah.



Ditambahkan pula, untuk jalan tol yang masih fungsional, jalur hanya akan dibuka untuk satu arah saja. Sejak tanggal 8 Juni hingga H+2 Lebaran, jalur digunakan searah untuk arus mudik. Kemudian mulai H+3 sampai tanggal 24 Juni 2018, jalur digunakan untukarah sebaliknya atau arus balik.

Untuk jalan tol fungsional jenis kendaraan yang boleh melintas juga akan dibatasi, yaitu untuk kendaraan golongan satu atau kendaraan kecil. Kecepatannya juga dibatasi maksimal 40 km/jam.

Menurut dia, ruas Salatiga-Colomadu masih terdapat 10 perlintasan yang belum selesai pekerjaaannya. Perlintasan itu akan dijaga oleh petugas dari JSN bersama Polri dan TNI.

Sepanjang jalur tersebut selama arus mudik dan balik Lebaran 2018 mendatang juga akan disediakan 8 rest area. Masing-masing rest area akan dilengkapi dengan fasilitas pos polisi, pos kesehatan, pos BBM, dan pos makanan. Selain itu juga ada fasilitas mushola dan MCK.

Sementara itu, bagi pengguna jalan yang mobilnya mogok akibat kehabisan BBM di jalan tol sebelum sampai di rest area juga tak perlu khawatir. Saat musim mudik nanti sudah disiapkan pemotor pembawa BBM yang siap diberangkatkan untuk mengantar BBM ke lokasi mogok.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed