Mudik Lewat Pansela Tak Pakai Macet dan Bonus Pemandangan

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 23 Mei 2018 17:54 WIB
Foto: Pool
Jakarta - Dalam rangka mengurai kemacetan di jalur Tol Trans Jawa dan jalur Pantai Utara (Pantura), pemerintah juga mempromosikan jalur Pantai Selatan (Pansela). Diharapkan para pemudik bisa menjajal jalur tersebut untuk mudik tahun ini.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setyadi Moerwanto mengatakan, selain mengurai kemacetan, tujuan lainnya pemerintah juga ingin meningkatkan perekonomian di wilayah-wilayah yang dilalui jalur Pansela.

Arie menjelaskan ada beberapa kelebihan dari jalur Pansela, pertama jalurnya tak sepadat jalur Pantura dan tol Trans Jawa. Dia juga memastikan jalur Pansela dalam keadaan prima dan pemudik akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah.

"Pertama jalurnya sepi, lalu bagus jalannya dan pemandangannya bagus," katanya di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (23/5/2018).



Selain itu, kata Arie, di jalur Pansela banyak hotel atau tempat peristirahatan yang jauh lebih murah di banding jalur utara. Sehingga pemudik bisa lebih menghemat biaya pengeluaran mudik.

Untuk arus balik pemerintah juga telah mempersiapkan penggunaan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) secara fungsional. Sehingga pemudik bisa pulang dari jalur Sukabumi menggunakan tol tersebut.

Jalur Pansela sendiri memiliki panjang 1.405 km yang terbentang dari Banten hingga Banyuwangi. Sementara jalur Pantura memiliki panjang 1.341 km.

Selain itu untuk jalan tol, pemudik tahun ini bisa menggunakan dari Merak hingga Pasuruan sepanjang 995 km meski dari panjang tersebut, 237 km masih berstatus fungsional.

(eds/eds)