Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 24 Mei 2018 11:27 WIB

Bandara Kertajati Segera Terhubung Tol dan Kawasan Industri

Iin Yumiyanti - detikFinance
Foto: dok. BIJB Foto: dok. BIJB
Jakarta - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, Jawa Barat beroperasi hari ini. Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan juga mendarat dengan mulus di bandara tersebut.

Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan mengatakan, BIJB akan terhubung dengan jalan tol Cisumdawu, Pelabuhan Patimban yang akan dibangun, hingga kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

"Nanti akan ada jalan tol dari Bandung ke mari dan kemudian cover sampai ke Cirebon-Bandung. Kemudian nanti Patimban, kemudian nanti industrial estate yang sekarang kita proses antara Bekasi, Karawang, Purwakarta," kata Luhut di Bandara Kertajati, Majalengka, Kamis (24/5/2018).


Bandara Kertajati juga akan dikembangkan menjadi aerocity atau kawasan yang terhubung dengan bandar udara. Luhut mengatakan, lahan 3.000 hektar sudah disiapkan untuk dibangun aerocity.

"Aerocity sudah disiapkan tanahnya oleh Menteri Perhubungan 3.000 hektar," ujar Luhut.

Bandara Kertajati juga diperkirakan menjadi salah satu bandara tersibuk di Indonesia. Dengan demikian, kepadatan lalu lintas di Bandara Internasional Soekarno Hatta bisa dibagi.

"Ini akan sibuk sekali. Ini akibatnya akan mengurangi traffic di Jakarta juga sehingga ekonomi tumbuh," kata Luhut.


Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga rencananya diperpanjang jalurnya hingga ke Bandara Kertajati bahkan mencapai Surabaya.

"Nanti kereta cepat Jakarta-Bandung bisa juga link ke mari sampai Yogya, Solo, Surabaya," kata Luhut. (ara/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed