Follow detikFinance
Kamis, 24 Mei 2018 13:23 WIB

Menjajal Tol Terusan Brexit yang Mau Dipakai Buat Mudik

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Brebes - Ruas tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV yang menyambungkan Brebes Timur ke Sewaka sepanjang 37 km siap digunakan oleh pemudik saat Lebaran mendatang.

Membuktikan hal tersebut, detikFinance, pada Kamis (24/5/2018) ini berkesempatan meninjau langsung kondisi terkini ruas tol yang menjadi lanjutan dari gerbang tol Brebes Timur atau Brexit (Brebes Exit).

Berdasarkan pantauan detikFinance, secara umum kondisi jalan saat ini terbilang siap dilalui kendaraan. Lintasan jalannya sudah tampak mulus untuk dilewati pemudik yang pulang ke kampung halaman menggunakan jalur bebas hambatan.

Tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IVTol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV Foto: Trio Hamdani




Rambu-rambu papan pengumuman jalan pun sudah terpasang dengan rapi, mulai dari rambu yang berisi informasi kilometer yang sudah dilintasi pengguna tol, hingga papan petunjuk jalan.

Lampu penerang jalan di sebagian lintasan juga sudah terpasang. Namun beberapa area lain belum dilengkapi dengan lampu penerang jalan.

Pagar pembatas jalan juga sudah terpasang walaupun belum sepenuhnya terpasang.

Ruas tol ini sendiri sedang proses uji laik fungsi. Uji laik fungsi merupakan tahapan sebelum tol tersebut dibuka untuk beroperasi guna mendapatkan sertifikat laik fungsi dan operasi.

Sertifikat laik fungsi dan operasi ini didapat dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Ruas Brebes Timur-Sewaka adalah bagian dari tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 km. Seksi I dan II ruas ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juni 2016 lalu. Tol ini merupakan satu dari tujuh ruas tol yang ditarget beroperasi pada bulan ini.

Tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IVTol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV Foto: Trio Hamdani


(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed