Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 28 Mei 2018 16:52 WIB

Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Dibuka 5 Juni 2018

Andhika Prasetia - detikFinance
Foto: Dok. PT Angkasa Pura I Foto: Dok. PT Angkasa Pura I
Jakarta - Terminal baru Bandara Ahmad Yani di Semarang bakal dibuka tanggal 5 Juni 2018 mendatang. Demikian disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (28/5/2018).

"Berita gembiranya selain Kertajati, Semarang akan dibuka tanggal 5 Juni (2018). Bandara yang baru, terminal yang baru," katanya.

Terminal baru tersebut dibuka sebelum Lebaran demi menunjang kegiatan mudik yang diprediksi terus meningkat di Bandara A. Yani jelang Lebaran Juni mendatang. Budi bilang, pembukaan terminal baru tersebut masih sekedar fungsional mendukung kapasitas terminal yang lama.

"Saya pikir membantu ya. Di Semarang itu kasihan lihat terminal yang lama itu, Lebaran biar mereka gunakan terminal yang baru," katanya.


Dia bilang, mudik Lebaran tahun ini ditandai dengan permintaan transportasi udara yang cukup tinggi. Kenaikannya mencapai 9% tahun ini.

Sebagai informasi, luasan apron terminal baru mencapai 72.522 m2 yang dapat menampung 13 pesawat narrow body atau konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 2 pesawat wide body kargo.

Bandara Ahmad Yani nantinya diposisikan sebagai bandara bisnis dan industri. Bandara itu mengusung konsep bandara terapung yang dipadukan dengan konsep "eco-green airport" sehingga menjadikan bandara ini sebagai bandara dengan terminal terapung pertama di Indonesia.

Disebut sebagai bandara terapung karena terminal baru Bandara Ahmad Yani dibangun di atas lahan lunak dan sebagian besar berair dengan menggunakan tiang pancang dan metode pre-fabricated vertical drain (PVD) untuk memadatkan lahan lunak tersebut. PVD merupakan sistem drainase buatan yang dipasang di dalam lapisan tanah lunak.



Saksikan juga video berikut untuk mengetahui terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang:

[Gambas:Video 20detik]

(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed