Follow detikFinance
Kamis, 07 Jun 2018 18:00 WIB

Jelang Buka Puasa, Menteri Basuki Resmikan Tol Kedung Badak-Yasmin

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly F Rachman/detikFinance Foto: Fadhly F Rachman/detikFinance
Bogor - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB Kedung Badak-Simpang Yasmin. Peresmian dilakukan Basuki sore hari ini, Kamis (7/6/2018).

"Dengan mengucapkan Bismillah ruas Seksi IIB Bogor Outer Ring Road ini kita resmikan untuk kita operasikan bersama-sama," kata Basuki sembari menekan sirine di lokasi proyek, Bogor, Kamis (7/6/2018).

Basuki mengatakan bahwa peresmian tol BORR Seksi IIB ini merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).


"Peresnian ini adalah perintah Bapak Presiden, kemarin beliau telepon tanyakan ruas ini. Saya bilang 'ruas ini panjangnya 2,6 km, apa mau bapak resmikan atau saya potong tumpeng saja?'" Kata Basuki.

"Jadi hari ini kebetulan beliau ada acara peresmian Bandara Ahmad Yani Semarang, sehingga tidak bisa hadir," sambung Basuki.

Lebih lanjut Basuki mengatakan, pembangunan ruas tol BORR ini akam terus dilanjutkan hingga Seksi III nanti. Nantinya, tol BORR ini bisa tersambung hingga ke Parung serta Antasari.

"Ruas tol ini, akam kita teruskan ke arah Parung dan kemudian ke arah Antasari, ke selatan terus ke Cigombong lagi, jadi jalan lingkar Bogor. Mudah-mudahan terbentuk sistem jalan tolnya," kata Basuki.


Pada kesempatan yang sama Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani mengatakan bahwa proyek ini dibangun selama 24 jam dengan konstruksi melayang atau elevated. Jalan Tol BORR Seksi IIB dapat membantu Pemerintah Kota Bogor dalam menyelesaikan permasalahan kepadatan arus lalu lintas di jalan arteri.

"Ruas ini belum selesai, masih ada Seksi III yang nanti bakal tersambung jadi Jagorawi II karena tersambung Jagorawi I. Dalam waktu dekat kita harapkan Jagorawi bukan satu-satunya alternatif menuju Bogor," tuturnya.

Secara keseluruhan, Jalan Tol BORR dibagi menjadi empat seksi: Seksi I Ruas Sentul Selatan-Kedung Halang (3,85 Km) telah beroperasi sejak tahun November 2009, Seksi IIA Ruas Kedung Halang-Kedung Badak (1,95 Km) telah beroperasi sejak Mei 2014, Seksi IIB Ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin (2,65 Km), dan Seksi III meliputi Ruas Simpang Yasmin-Salabenda (4,6 Km). (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed