Follow detikFinance
Jumat, 08 Jun 2018 14:52 WIB

Tol Bocimi Dibuka Satu Arah dari Bogor, Truk Dilarang Masuk

Syahdan Alamsyah - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Sukabumi - Personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi mulai melakukan rekayasa menggunakan traffic untuk meminimalisir pemotongan arus kendaraan di tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Rencananya tol Bocimi mulai dioperasikan pukul 14.00 WIB hari ini.

"Rencananya hari ini tol Bocimi sepanjang 15 kilometer sudah mulai di fungsikan, namun hanya untuk kendaraan kecil, pribadi dan penumpang," kata Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP Galih Bayu kepada detikFinance, Jumat (8/6/2018).

Untuk mengantisipasi masuknya kendaraan besar, pengelola tol memasang portal di pintu masuk Tol di wilayah Ciawi, Bogor.

"Pengelola tol pasang portal agar bus besar dan truk tidak lewat. Ini masih satu arah dari Bogor menuju Sukabumi. Nanti ada dua exit tol di Caringin KM 6 dan Cigombong di KM 15," lanjut Galih.



Antisipasi lonjakan arus di jalan utama menuju Sukabumi di exit tol polisi memasang traffic cone. Tujuannya agar tidak terjadi perpotongan atau kendaraan salah masuk ke dalam tol dari Sukabumi.

"Kita bekerjasama dengan Polres Bogor melakukan antisipasi keluarnya kendaraan dengan memasang traffic cone agar pengendar begitu keluar dari tol tidak melambung. Untuk perpotongan tidak asa karena memang satu arah dari Bogor menuju Sukabumi saja, untuk pelaksana nanti dari Bogor," tandas dia.

Sebelumnya, Kepala Korlantas Polri Irjen Royke Lumowa memastikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I dipergunakan untuk arus mudik. Namun, para pemudik baru bisa melintasi tol sejauh 15 kilometer.

"Dari rencana 53 kilometer, yang bisa dilalui baru sejauh 15 kilometer. Masuk dari Ciawi dan keluar di Cigombong, sangat membantu mengurangi kemacetan di jalur tersebut sebanyak 20 persen," kata Royke di Setukpa Lemdikpol Polri, Sukabumi, Rabu (6/6/2018).

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed