Follow detikFinance
Sabtu, 09 Jun 2018 15:50 WIB

Ajak Pemudik Lewat Tol Bocimi, Jokowi: Ciawi-Cigombong 20 Menit

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Presiden Jokowi/Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres Presiden Jokowi/Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau pemudik dari Jakarta menuju Jawa Barat bagian selatan menggunakan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Bocimi. Tujuannya untuk menghindari macet yang biasa terjadi di jalur Ciawi ke arah Sukabumi.

Selama mudik dan arus balik Lebaran kali ini, tol Bocimi ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,3 kilometer (km) sudah dibuka fungsional.

"Mudik Lebaran telah tiba. Anda yang dari Jakarta menuju Jawa Barat bagian selatan dan sudah biasa terjebak macet di jalur Ciawi ke arah Sukabumi, kini punya pilihan: Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,3 kilometer," ujar Jokowi dalam akun Facebooknya, Presiden Joko Widodo, seperti dikutip Sabtu (9/6/2018).

Penampakan Tol Bocimi untuk mudik LebaranPenampakan Tol Bocimi untuk mudik Lebaran Foto: Fadhly Fauzi Rachman



Jokowi menjelaskan mulai Jumat (8/6/2018), ruas ini sudah dibuka secara fungsional tanpa tarif sampai sepekan setelah Lebaran.

"Melalui ruas tol ini, waktu tempuh Ciawi-Cigombong akan berkurang jauh dari sekitar 1-2 jam menjadi hanya sekitar 20 menit," terang Jokowi.

Selama dibuka fungsional, telah disiapkan tiga pintu tol, yakni di pintu Tol Ciawi, Cimande/Caringin, dan Cijeruk/Cigombong. Pengelola juga menyediakan tempat perhentian sementara bagi pemudik di kilometer 10+700 yang dilengkapi parkir kendaraan, toilet, dan Musala.

Penampakan Tol Bocimi untuk mudik LebaranPenampakan Tol Bocimi untuk mudik Lebaran Foto: Fadhly F Rachman



Panjang Jalan Tol Bocimi ini seluruhnya 54 km. Tol ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km bila melalui jalan arteri, dari semula sekitar 5 jam menjadi sekitar satu dua jam saja.

Adapun tol fungsional di jalur Trans Jawa akan dibuka seluruhnya sejak pukul 06.00, Sabtu (9/6/2018), untuk mudik Lebaran 2018. (hns/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed