Follow detikFinance
Minggu, 10 Jun 2018 20:52 WIB

Menteri-menteri Jokowi Pantau Mudik Pakai Helikopter, Ini Hasilnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Isal Mawardi/detikcom Foto: Isal Mawardi/detikcom
Nganjuk - Sejumlah menteri melakukan pengecekan di beberapa lokasi untuk memastikan kelancaran mudik di tahun 2018. Pengecekan dengan menggunakan helikopter berakhir di Ngawi, Jawa Timur.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, hasil pemantauan menunjukan mudik berjalan dengan baik. Meski, ada beberapa wilayah terpantau macet.

"Semua berjalan baik, kami pantau juga dari atas jadi kalaupun ada macet-macet sedikit karena satu ada kecelakaan," kata dia di Ngawi, Jawa Timur (10/6/2018).


Budi Karya mengatakan, dari pemantauan terjadi kemacetan di pintu tol Kertasari, Tegal. Sebab itu, pemerintah meminta Kakorlantas mengambil diskresi dengan menggratiskan pintu tol itu sampai kondisi normal.

"Terus tadi setelah Brebes itu kita makanya bahas secara khusus, tadi antrean panjang sebenarnya belum sampai 5 km, tapi lihat memang kita melihat bahwasanya alangkah baiknya apabila me-memanage dengan baik," ujarnya.

Menteri-menteri Jokowi Pantau Mudik Pakai Helikopter, Ini HasilnyaFoto: Achmad Dwi Afriyadi

"Makanya kita tegaskan kewenangan Kakorlantas untuk bisa memberikan diskresi apabila kemacetan terjadi, dan tadi sudah wajar untuk melepaskan tidak bayar dan belakang dilakukan pengalihan," sambungnya.

Kemudian, Budi Karya juga menyoroti Jembatan Kalikuto. Menurutnya, karena jalurnya hanya satu maka perlu untuk dipercepat geraknya.


Tak hanya itu, Budi Karya juga melihat permasalahan ada di Jembatan Kali Kenteng Salatiga. Menurutnya, hal itu mesti segera diatasi.

"Satu lagi yang di Salatiga jembatan yang meninggi, sebenarnya penumpang bisa tidak di situ langsung keluar oleh karenanya saya menugaskan Dirjen Darat untuk melakukan bantuan pengaturan lalu lintas," tutupnya.

Dalam kunjungan ini hadir juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed