Follow detikFinance
Kamis, 14 Jun 2018 19:31 WIB

Sandi Pastikan LRT Jakarta Beroperasi Sebelum Asian Games

Marlinda Oktavia Erwanti - detikFinance
Foto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom Foto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan tahun ini light rail transit (LRT) Jakarta Fase I akan beroperasi. Dari laporan yang diterimanya, pembangunan proyek kereta cepat tersebut sudah sesuai jadwal.

"Tahun ini LRT jalan. Alhamdulillah. Saya baru saja dilaporkan kita on track, on schedule," kata Sandiaga, di Stasiun LRT Boulevard Raya Selatan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis sore (14/6/2018).


Sandiaga mengatakan, LRT Jakarta fase I dari Kelapa Gading ke Velodrome itu akan beroperasi sebelum gelaran Asian Games pada Agustus 2018. Ia berharap, proyek ini juga akan sesuai dengan anggaran.

"Kualitas sesuai spesifikasi kita akan beroperasi bulan Agustus sebelum Asian Games dan kita menuju transportasi 1 juta penumpang. MRT Insya Allah Maret 2019," ujar pria yang akrab disapa Sandi itu.


Saat ini, proyek LRT fase I ini telah mencapai 74%. Sandiaga mengatakan, sudah ada dua gerbong yang telah diuji statis dan dicek kelengkapan serta uji dinamis.

Sandiaga juga mengatakan, proyek LRT Fase II akan segera dimulai. Rencananya, pembangunan proyek LRT dari Kelapa Gading ke Tanah Abang itu akan dimulai tahun depan.

"Kita ingin ini menjadi lembaran baru bahwa stasiun akan menjadi TOD dan alat membayar terintegrasi. Insya Allah dilanjutkan LRT yang lain termasuk fase 3 untuk mencapai jalan yang sepi dan pekerja Jakarta semakin produktif," kata Sandiaga.


Sebagai informasi, Sandiaga bersama Direktur LRT Satya Heragandi, dan Kepala Dinas Perhubungan Andri Yansyah meninjau Stasiun LRT Boulevard Raya Selatan di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Peninjauan dilakukan untuk mengecek kepastian kesiapan LRT Fase I jelang sertifikasi Kemenhub yang akan dilaksanakan satu Minggu pasca lebaran.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga mendapatkan kesempatan menjajal gerbong LRT ujicoba. Ujicoba dilakukan dari Stasiun Boulevar Raya Selatan menuju Stasiun Boulevard Raya Utara. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed