Follow detikFinance
Senin, 25 Jun 2018 14:40 WIB

Dipakai Asian Games, LRT Jakarta Akan Beroperasi Tanpa Depo

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Marlinda Oktavia Erwanti Foto: Marlinda Oktavia Erwanti
Jakarta - Kereta ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome akan beroperasi tanpa depo. Depo merupakan garasi atau gudang tempat penyimpanan gerbong-gerbong LRT yang bisa digunakan untuk fungsi perawatan atau perbaikan kereta.

Direktur Utama Jakarta Propertindo (Jakpro) Satya Heragandhi mengatakan, depo tersebut tak bisa rampung saat LRT Jakarta beroperasi mendukung gelaran Asian Games 2018 nanti. Pembangunan depo yang berkapasitas untuk LRT Jakarta secara keseluruhan itu terlambat karena adanya hambatan pada cuaca saat pengerjaan.

"Konstruksi itu jangan dipikirkan kita akan capai 100% saat Asian Games. Karena keterlambatan yang terjadi di karenakan cuaca, kita geser keterlambatan di area depo. Jadi kita beroperasi tanpa depo," katanya kepada detikFinance saat dihubungi, seperti ditulis Senin (25/6/2018).



Adapun progres pembangunan secara keseluruhan saat ini kata dia baru mencapai 75%. Namun untuk pekerjaan jalur dan rel saja, progres saat ini sudah mendekati 100%, begitu pun untuk kesiapan operasi.

"Masinis sudah ditrain, sistem operasi sudah dapat sertifikasinya. Nanti saat Juli dapat KIR oleh Kemenhub, nanti sistem operasinya akan kita coba dengan passenger," katanya.

LRT Jakarta sendiri ditarget beroperasi saat gelaran Asian Games bulan Agustus nanti berlangsung. Masyarakat bisa menjajal LRT pertama di Jakarta ini dengan lintasan sepanjang 5,8 km dari Kelapa Gading menuju Velodrome dan sebaliknya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed