Follow detikFinance
Senin, 25 Jun 2018 21:55 WIB

Luhut Bertemu Menlu Jepang Bahas Kereta Kencang JKT-SBY

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan hasil pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kano. Dalam pertemuan itu, Luhut mengatakan, pihak Jepang sepakat untuk mempererat kerja sama dengan Indonesia.

Luhut memaparkan, ada beberapa proyek yang akan digarap dengan Jepang. Di antaranya, kereta Jakarta-Surabaya, Pelabuhan Patimban, mass rapid transit (MRT), Tol Trans Sumatera, dan Natuna.


"Kita bertemu Menlu Jepang, menyangkut masalah kerja sama kereta api Jakarta-Surabaya (JKT-SBY), Patimban, ketiga MRT, keempat mereka berminat Trans Sumatera investasi di situ sama Natuna mereka pengen aqua culture di sana. Mereka ingin membentuk task force langsung dengan kita, kita usulin," kata dia di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Senin (25/6/2018).

"Nanti outputnya pada 60 tahun kerja sama Indonesia dengan Jepang tahun depan," sambungnya.

Terkait kereta Jakarta-Surabaya, Luhut mengatakan, masih terus dibahas di tataran teknis. Luhut belum menyebut nilai investasi untuk kereta ini.


Lebih lanjut, Luhut juga menuturkan pihak Jepang juga sepakat untuk membantu Indonesia dalam hal pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Tadi mengenai SDM vokasional training mereka akan bantu," ujarnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed