Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Jun 2018 17:30 WIB

Tol Yogyakarta-Solo akan Dibangun, Ini Manfaatnya

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Bekasi - Tol Yogyakarta-Solo akan dibangun. Tahun ini pemerintah akan menyelesaikan proses tender tol tersebut.

Ruas ini akan menjadi tol pertama yang melintas di Yogyakarta. Nantinya akan tersambung dengan jalan tol dari Bandung, Cilacap hingga Solo.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, tol tersebut sengaja dibangun demi mengurai kemacetan di jalan nasional Yogyakarta menuju Solo.


"Dulu waktu saya kuliah pakai motor 1 jam dari Yogyakarta ke Solo. Sekarang sudah 4 jam, 3 jam paling cepat. Itu sudah tidak ekonomis lagi," ujarnya kepada detikFinance di Bekasi Timur, Jawa Barat, Rabu (27/6/2018).

Tol Yogyakarta-Solo diperkirakan memiliki panjang sekitar 70 km. Lalu sekitar 80%nya akan dibangun menggunakan tiang penyangga alias melayang (elevated).

Konstruksi elevated dipilih dengan alasan minimnya lahan di wilayah perkotaan. Selain itu dengan dibangun di atas jalan nasional maka pembebasan lahan lebih minim. Alhasil proses pembangunan akan lebih cepat.


"Kalau sudah tender paling cepat 2 tahun (proses pembangunan. Pembebasan lahannya kan juga tidak terlalu banyak, karena kita pakai jalan nasional," tambahnya.

Basuki mengaku sudah mendapatkan pihak pemrakarsa dari proyek tersebut. Ditargetkan proses tender bisa dilakukan tahun ini. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com