Follow detikFinance
Kamis, 05 Jul 2018 14:36 WIB

Apa Kabar Proyek Jalan Tol Pertama Kalimantan?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: dok. Wika Foto: dok. Wika
Jakarta - Proyek jalan tol pertama di Kalimantan, yakni Balikpapan-Samarinda masih terus dikerjakan. Tercatat hingga pertengahan 2018 ini progres konstruksi dari pembangunan jalan tol tersebut sudah mencapai 61,9%.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) STH Saragi mencatat hingga akhir bulan Juni 2018, pembangunan konstruksi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,35 kilometer (km) ini telah 61,90%. Saat ini pihaknya sedang melakukan percepatan pembangunan.

"Sampai saat ini, pengerjaan konstruksi jalan tol ini sudah mencapai 61,90% sedangkan pengadaan lahannya telah mencapai 95,47 persen," kata Saragi dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Meski progres pembangunan dinilai positif, Saragi mengatakan, bahwa tantangan utama yang dihadapi ialah masalah pembebasan lahan. Saragi mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan langkah-langkah pembebasan lahan yang clean & clear bagi keperluan proyek.

"Sehingga pembangunan ruas tol dapat selesai sesuai target yang telah ditentukan," jelasnya.



Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sendiri terdiri atas lima seksi, yakni Seksi 1 mulai dari km 13 hingga Samboja sepanjang 21,95 km. Kemudian Seksi 2 dari Samboja hingga Muara Jawa sepanjang 30,05 km.

Kemudian Seksi 3 dari Muara Jawa hingga Palaran 18,20 km, Seksi 4 dari Palaran hingga Samarinda sepanjang 17,15 km dan Seksi 5 dari km 13 Balikpapan hingga Bandara Sepinggan sepanjang 11,09 km.

Sementara untuk pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5 yang menggunakan skema Viability Gap Fund sepanjang 33,11 km sedangkan ruas investasi yang dikelola oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda terdiri dari Seksi 2, 3, dan 4 dengan total sepanjang 66,23 km.

Nantinya, jalan tol ini akan menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Sebagai jalan tol pertama di Kalimantan, jalan Tol Balikpapan-Samarinda ini digadang-gadang menjadi cikal bakal jalan tol Trans Kalimantan.

(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed