Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 05 Jul 2018 16:12 WIB

Ditarget Kelar Sebelum Asian Games, Progres Tol Palindra 98%

Raja Adil Siregar - detikFinance
Tol Palembang-Indralaya/Foto: Raja Adil Siregar/detikcom Tol Palembang-Indralaya/Foto: Raja Adil Siregar/detikcom
Jakarta - Progres pembangunan jalan tol Palembang-Indralaya (Tol Palindra) di Sumatera Selatan, telah 98 persen. Jalan bebas hambatan ini ditergatkan selesai pengerjaan pada pertengahan Juli nanti.

"Progres keseluruhan Tol Palindra saat ini sudah 98%. Fisik pertengahan Juli sudah selesai, selanjutnya masuk tahap uji kelayakan," terang Manajer Proyek Hutama Karya Devisi Tol Palindra, Hasan Turcahyo, Kamis (5/7/2018).


Menurut Hasan uji kelayakan ditargetkan rampung selesai sebelum Asian Games dimulai. Dengan begitu, jalan yang menjadi akses alternatif dari Indralaya, Ogan Ilir menuju Palembang segera dimanfaatkan masyarakat.


"Uji kelayakan itu biasanya bisa sampai 2 bulan karena melibatkan banyak pihak, tapi mudah-mudahan nanti ini selesai dalam waktu 2 minggu. Hal ini perlu dipercepat karena ada event Asian Games," katanya.

Hasan menambahkan terkait pengerjaan fisik, proses vakum turut memakan waktu yaitu 120 hari/segmen dan vakum diperlukan untuk mengatasi lahan dengan tipologi rawa-rawa.


"Vakum ini pengerjaan yang cepat. Bisa saja diganti teknologi pancang, namun biayanya lebih mahal dibanding vakum," katanya lagi.

Sebelumnya, jalan tol sepanjang 22 Km itu dibuka secara fungsional saat mudik lebaran lalu. Usai lebaran, jalan kembali ditutup untuk melanjutkan pengerjaan. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed