Follow detikFinance
Kamis, 12 Jul 2018 14:34 WIB

Menhub Sebut Jepang Sampai Korea Minat Bangun LRT di Indonesia

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Dok. Humas LRT Palembang Foto: Dok. Humas LRT Palembang
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut banyak investor luar yang tertarik untuk membangun infrastruktur di Indonesia.

Salah satunya proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT). Budi menyebut, beberapa investor yang sudah menyatakan minat di antaranya dari Korea sampai Jepang.

"Oh investor itu banyak sekali, LRT itu sangat dinikmati. Banyak termasuk Korea-Jepang, lebih dari 16 investor," kata dia kepada wartawan seusai menghadiri acara Investment Award di Gedung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kamis (12/7/2018).


Saksikan juga video 'Biaya Pembangunan LRT Indonesia Vs Dunia':

[Gambas:Video 20detik]


Ia menjelaskan, LRT yang banyak diminati investor. Ia menyebut hampir semua investor sudah menyiapkan dana untuk membangun LRT tersebut

"(Uangnya) siap," kata dia.

Menhub secara rinci mengatakan, beberapa investor yang tertarik selain dari negara Korea dan Jepang ada pula dari China dan beberapa negara lain.

"Jepang, Korea, Cina, dan beberapa negara eropa. Kita memang mengupayakan majority daru infrastruktur itu kita. Tapi sarana dan sebagian prasarana, dan OM (operator managemen) itu kita kasih investor," kata dia.


Lebih lanjut Menhub mengatakan, semua investor tersebut akan menggunakan skema kerja sama public-private partnerships (PPP).

"Skemanya PPP," kata dia

Sebagai informasi Indonesia saat ini sudah memiliki tiga proyek LRT. Yakni LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek), LRT Jakarta yang menghubungkan Velodrome hingga Kelapa Gading di Jakarta Timur. Berikutnya ada LRT Palembang yang sudah selesai penggarapan fisiknya.

Menhub Sebut Jepang Sampai Korea Minat Bangun LRT di Indonesia
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed