Follow detikFinance
Kamis, 12 Jul 2018 19:38 WIB

Menhub Sebut Pembangunan LRT Jakarta Sudah 90%

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Pembangunan Light Rail Transit (LRT) DKI Jakarta sudah sampai 90%. Pembangunan ini akan menjadi fasilitas transportasi Asian Games 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dalam waktu dekat ia akan mengunjungi Proyek LRT untuk melihat progres pembangunan.

"Progresnya sudah 90%," kata dia usai menghadiri acara Investment award di Gedung BKPM, Kamis (12/7/2018).


Ketika ditanya lebih spesifik mengenai waktu kunjungan, ia mengatakan akan memantau progres pengerjaan LRT DKI Jakarta pada hari Minggu.

"Hari Minggu ini saya akan kunjungi. Dari informasi yang saya dapat mereka sudah lakukan tes dinamis, kita akan kunjungi hari Minggu untuk memastikan saat Asian Games dia siap dioperasikan," kata dia.

Sementara itu seminggu lalu detikFinance sudah memantau kondisi di lapangan. Tepatnya di kawasan Velodrome Jakarta Timur. Jalur kereta sepanjang 5,8 km ini rencananya akan dipakai pada bulan Agustus mendatang.

Dari pantauan detikFinance, Rabu (4/7/2018) di rute Kelapa Gading-Velodrome, pengerjaan konstruksi saat ini sudah mencapai 77% di Minggu lalu dan masih terus dikebut sampai Agustus nanti.

Pekerja dipantau sangat sibuk mulai dari pengerjaan pembatas jalan hingga pengecatan.

Tak hanya itu, penggunaan alat berat juga masih dipakai untuk memindahkan bahan-bahan untuk pemasangan rel bagian atas dan untuk pengerjaan bagian bawah.


Kawasan Velodrome sendiri merupakan tujuan pemberhentian terakhir proyek LRT Jakarta ini. Hal ini dikarenakan terdapat arena Velodrome yang akan digunakan untuk perhelatan Asian Games.

Penumpang LRT bisa langsung masuk ke dalam arena balap sepeda yang ada di Velodrome, dikarenakan stasiun LRT tersebut langsung terintegrasi dengan arena.

Konstruksi utama jalur stasiun sepanjang 5,8 km ini sudah sangat jelas terlihat dengan memiliki enam stasiun di kawasan Velodrome hingga kawasan depo di Kelapa Gading. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed