Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 15 Jul 2018 15:31 WIB

Jajal LRT Jakarta, Budi Karya: Kedap Suara, Mulus

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi/detikFinance Foto: Achmad Dwi/detikFinance
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau progres proyek light rail transit (LRT) Jakarta, Minggu (15/7/2018). Proyek kereta dengan panjang 5,8 km tersebut menghubungkan Kelapa Gading di Jakarta Utara hingga Velodrome di Jakarta Timur.

Berdasarkan pantauan detikFinance, Budi Karya tiba di sekitar lokasi proyek yakni Stasiun Kelapa Gading Boulevard sekitar pukul 13.00 WIB. Saat kunjungan, Budi Karya mengenakan kemeja putih dan celana bahan hitam.

Kemudian, Budi Karya berjalan menuju bagian dalam stasiun yang letaknya di bagian atas (elevated). Di sana, Budi Karya mendapatkan penjelasan perkembangan proyek dari kontraktor.


Tak lama, Budi Karya berjalan memasuki kereta LRT yang sudah terpasang di rel. Kemudian, kereta LRT dijalankan beberapa kali maju dan mundur.

Tak terdengar suara bising saat kereta bergerak. Bahkan, guncangan pun juga hampir tak terasa.

"Kereta kedap suara, mulus," demikian komentar Budi Karya.

Untuk diketahui, LRT Jakarta membentang sepanjang 5,8 km dari Stasiun Kelapa Gading di Jakarta Utara hingga Velodrome di Jakarta Timur. Proyek ini melewati Jalan Pegangsaan Dua sebagai depot, Jalan Raya Kelapa Nias, Jalan Kelapa Gading Boulevard, Jalan Kayu Putih Raya, dan Jalan Balap Sepeda Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur.


LRT Jakarta memiliki 6 stasiun, yakni stasiun depot di Jalan Pegangsaan Dua Kelapa Gading, Stasiun Mal Kelapa Gading, Stasiun Kelapa Gading Boulevard, Stasiun Pulomas, Stasiun Pacuan Kuda hingga Stasiun Velodrome di arena balap sepeda Velodrome di Rawamangun, Jakarta Timur.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan LRT Jakarta bisa beroprasi tahun ini. Dia bilang, progres pembangunan sesuai jadwal.

"Tahun ini LRT jalan. Alhamdulillah. Saya baru saja dilaporkan kita on track, on schedule," kata Sandiaga, Kamis (14/6/2018).

Sandiaga mengatakan, LRT Jakarta Kelapa Gading ke Velodrome akan beroperasi sebelum Asian Games atau Agustus 2018 mendatang.



"Kualitas sesuai spesifikasi kita akan beroperasi bulan Agustus sebelum Asian Games dan kita menuju transportasi 1 juta penumpang. MRT Insya Allah Maret 2019," ujarnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com