Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 16 Jul 2018 20:42 WIB

Bandara Kediri akan Kembali Jadi Proyek Prioritas Pemerintah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Rina Atriana/detikcom
Jakarta - Pemerintah berencana untuk kembali memasukan Bandara Kediri di Jawa Timur menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Bandara ini nantinya juga akan berstatus bandara internasional.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memasukan Bandara Kediri dalam PSN. Menurut Luhut, adanya bandara ini akan mendorong kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

"Dalam waktu dekat Presiden akan menandatangani bahwa pembangunan Bandara Kediri adalah bagian PSN, jadi nanti Kediri atau di wilayah sini akan mempunyai bandara internasional, yang akan membantu kesejahteraan masyarakat sekitar," kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (16/7/2018).


Menurut Luhut, pembangunan Bandara Kediri masih menyisakan masalah lahan. Luhut bilang, lahan tersebut akan digunakan untuk penambahan landas pacu atau runway.

Luhut bilang, butuh 500 hektar untuk perluasan runway. Dengan tambahan runway ini, maka nantinya pesawat berbadan lebar bisa mendarat.

Dia menambahkan, dengan masuk PSN maka permasalahan pada lahan ini bisa teratasi.

"Hanya tinggal masalah di penggunaan lahan seluas 500 hektar saja untuk perluasan runway, nantinya apabila itu sudah diperluas maka akan bisa didarati oleh pesawat berbadan lebar dan bisa diatasi jika sudah masuk dalam PSN," tutupnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com