Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Jul 2018 22:03 WIB

Luhut Mau ke Sorong Bereskan Masalah Kawasan Ekonomi Khusus

Trio Hamdani - detikFinance
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Rachman Haryanto Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ingin menyelesaikan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong. Saat ini pembangunan KEK Sorong masih terkendala empat masalah.

Masalah yang dihadapi kawasan ekonomi Sorong itu dibahas dalam rapat koordinasi (rakor) bersama Wakil Bupati Sorong Suka Harjono, dan Tim KEK Sorong, di Kemenko Kemaritiman, Jumat (20/7/2018). Usai rakor, Luhut menjelaskan akan turun langsung untuk mengecek keberlanjutannya.

"Kita mau secepatnya (selesai). Nanti saya mau ke sana," kata Luhut di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Ditemui di tempat yang sama, Wakil Bupati Sorong Suka Harjono menyambut baik niatan pemerintah pusat untuk membantu percepatan pembangunan KEK Sorong.


"Ya ini Pak Menteri (Luhut) luar biasa concern untuk melihat langsung ke Kabupaten Sorong. Yang kedua yang dengan langsung bisa mengkoordinir lembaga pemerintah, maupun lembaga BUMN, BUMD, itu bisa segera action lah," ujarnya.

Empat masalah di KEK Sorong yang pertama adalah menyangkut masalah transportasi, yakni Pelabuhan Arar. Kedua terkait industri yang mau masuk di kawasan ekonomi tersebut.

Ketiga, masalah listirk. Luhut menjelaskan, ada kemungkinan kawasan ekonomi di sana bisa kekurangan pasokan gas sebagai sumber pemasok listrik.

"Keempat mengenai air, airnya itu bagaimana. Sekarang ini kan ada bisa diambil air 30 kilometer dari situ, tapi sudah mulai diambil. Jadi mesti nggak ada masalah," tambah Luhut. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed