Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 07 Agu 2018 17:40 WIB

Kapan Tol Desari Beroperasi? Ini Kata PUPR

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
FOKUS BERITA Tol Desari Siap Dibuka
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum bisa memastikan waktu pengoperasian Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi I Antasari-Brigif. Sebab, Kementerian PUPR hingga saat ini belum menurunkan Tim Layak Operasi.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan, masih ada beberapa pekerjaan fisik yang belum selesai pada Tol Desari. Pekerjaan yang belum rampung itu yakni tunnel di Simpang Susun Antasari.

"Belum (selesai), masih di atas tunnel kan belum beres, tunnel yang di simpang susun. Masih belum selesai," kata dia di Kementerian PUPR Jakarta, Selasa (7/8/2018).


Tak hanya itu, Herry mengatakan di beberapa titik sisi kanan-kiri jalan tol juga belum rapi. Sehingga, tim belum bisa turun untuk menguji kelayakan tol.

"Tinggal itu (tunnel) saja sama beautifikasi, yang di pinggir yang nggak terlalu cakep diperbaiki," ujarnya.

Seharusnya, kata Herry, pekerjaan-pekerjaan ini rampung pada Juli lalu. Tapi, pekerjaan itu masih berjalan hingga saat ini.


"Kalau janjinya kemarin kan akhir Juli, di luar itu ada beberapa pekerjaan beutifikasi di tempat-tempat tertentu yang kalau saya lihat belum selesai. Kalau tunnel nanti memang sudah selesai harusnya bisa turun Uji Layak Operasi (ULO)-nya," ujarnya.

Secara garis besar, Herry mengatakan, tol ini sudah hampir rampung. Tapi, Herry tak bisa memastikan waktu operasi karena tergantung dari sisa-sisa pekerjaan tersebut.

"Kalau bulan ini beres ULO-nya turun, kita ikutin prosesnya aja," tutupnya. (zlf/zlf)
FOKUS BERITA Tol Desari Siap Dibuka
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com