Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Agu 2018 15:22 WIB

Jadwal Operasi LRT Jakarta Mundur

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: 20detik Foto: 20detik
Jakarta - Jadwal pengoperasian kereta ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5,8 km kembali mundur. Kereta LRT Jakarta seharusnya bisa dilakukan uji operasi pada hari ini, namun harus mundur ke tanggal 15 Agustus 2018 mendatang.

Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu terbitnya persetujuan operasi dari Kementerian Perhubungan guna bisa memulai uji operasi. Setelah mendapatkan persetujuan operasi dari Kementerian Perhubungan, paling lambat uji operasi baru bisa dimulai tiga hari sebelum Asian Games 2018 dibuka.

"Dari kemarin sudah dilakukan final inspection untuk menerbitkan rekomendasi operasi. InsyaAllah hari ini bisa terbit, kemudian tanggal 15 (Agustus) kita melakukan uji coba operasi," katanya kepada detikFinance, Jumat (10/8/2018).



Kereta LRT sendiri harus menunggu waktu hingga sebulan lamanya untuk bisa benar-benar laik beroperasi secara komersil. Hal ini membuat kereta LRT Jakarta pun hanya akan beroperasi terbatas selama Asian Games 2018.

"Kita coba sebulan dulu," ujar Iwan.

Seperti diketahui, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) ditugaskan membangun LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5,8 km untuk digunakan saat gelaran Asian Games 2018. Sebelumnya kepastian pengoperasian kereta LRT Jakarta untuk Asian Games 2018 sempat tarik ulur lantaran progres pembangunan yang masih jauh dari 100%.

(eds/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed