Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Agu 2018 16:20 WIB

Molor dari Target, LRT Jakarta Beroperasi Desember 2018

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: 20detik Foto: 20detik
Jakarta - Light rail transit (LRT) Jakarta tengah menanti uji coba operasi. Kereta ringan produksi Korea Selatan tersebut akan melaksanakan proses uji coba selama sebulan. Proyek ini akan beroperasi optimal pada Desember 2018.

Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan setelah uji coba operasi, pihaknya dan regulator akan kembali melakukan evaluasi. Kereta LRT Jakarta diproyeksi baru bisa beroperasi secara komersil pada bulan Desember setelah uji comissioning dan semua fasilitas pendukung rampung, termasuk depo yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

"Jadi apa-apa yang belum maksimal dan berpotensi masalah kita perbaiki. Kita selesaikan sisa finishing arsitektural, mechanical electrical yang mungkin belum diselesaikan saat uji coba. Jadi setelah September ada review, lalu comissioning test untuk memastikan semua integrasi sistemnya jalan. InsyaAllah Desember sudah siap," katanya kepada detikFinance saat dihubungi, Senin (13/8/2018).


Pembangunan LRT Jakarta sendiri sampai saat ini masih terus dikebut. Sejumlah konstruksi fisik masih belum rampung, termasuk keenam stasiun yang dilewati dan depo.

Nantinya, uji coba operasi hanya akan berhenti di stasiun pertama dan terakhir. Uji coba operasi sendiri akan mengangkut penumpang yang dipilih oleh Jakpro secara selektif.

"Arahan dari Pemprov (Gubernur) memang untuk terus lakukan uji coba operasional dan pekerjaan fisik lainnya secara paralel. Ini yang sedang kita fokus hari ini," jelas Iwan.


LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome sendiri sebelumnya ditargetkan beroperasi saat Asian Games 2018. Proyek yang mulai dikerjakan pada tahun 2016 ini gagal menjadi pendukung gelaran Asian Games lantaran harus menempuh waktu uji coba yang sudah ditetapkan.

Saksikan juga video ' LRT Jakarta Mulai Melintas Kelapa Gading, Begini Penampakannya! ':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed